Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Penjualan Kamar Hotel Kryad Bumi Minang Padang

Authors

  • Abdul Rahman Universitas Ekasakti
  • Hosra Afrizoni

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v3i1.1211

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui Indikator Dominan dan Pengaruh Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Penjualan Kamar Hotel Kryad Bumi Minang Padang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei, wawancara dan kuisioner.Jenis data yaitu data kuantitatif jenis sumber data primer.Populasi yang digunakan dalam Penelitian ini karyawan yaitu tetap terkontrak Hotel Kryad Bumi Minang Padang sebanyak 66 karyawan dengan sampel menggunakan total sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Indikator dominan pada variabel strategi komunikasi pemasaran adalah periklanan dan penjualan personal sebesar 83%. Indikator yang dominan pada variabel penjualan adalah harga jual sebesar 84%. (2) Strategi komunikasi pemasaran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan (Y) kamar hotel Kryad Bumi Minang Padang. Terbukti dari nilai thitung dari variabel strategi komunikasi pemasaran yaitu 5,493 > t tabel 1,99773. Kemudian nilai sig yaitu 0.000 < 0.05 jadi Ho ditolak Ha diterima.

References

A. Shimp, Terence. 2013. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

AA Raka Jayaningsih. 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran Objak Wisata Hidden Canyon Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial. Vol 3 No 1 Hal 1 – 15.

Abdullah dan Tantri 2015. Manajemen Pemasaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Basu Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Buchari Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Chandra Tribuana Murti. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Valagro Dalam Meningkatkan Penjualan Produk. JISIP. Vol 5 No 1 Hal 1 – 4.

Donni Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Effendy, Onong Uchyana. 2015. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fauziah. 2020. Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shopee” Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abiwara. Vol 1 No 2 Hal 45 – 53.

G, Nembah. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: AC. Yrama Widya.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

H, Nawawi. 2015. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hambali. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Penginap Di Hotel Best Skip Palembang. Jurnal Studi Sosial dan Politik. Vol 2 No 1 Hal 44 – 55.

Irodatul Khasanah. 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran Lasagna Larise Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 9 No 1 Hal 85 – 99.

John Westwood. 2015. How To Write A Marketing Plan. Third Edition. Kogan Page: London.

Kotler, Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kristiana Widiawati. 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Bintang Empat Meraih Pelanggan. Jurnal Administrasi Kantor. Vol 7 No 1 Hal 63 –74.

L, Moelong. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Gramedia Cawang.

Martua Sitorun. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. MPM Motor Medan. Journal of Management Science. Vol 1 No 1 Hal 36 – 43.

Mulyadi. 2017. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta:Salemba Empat.

Puji Rismayanti. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Akun Instagram @kedai_digital). Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

R. Nuruliah. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandung Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Sain Manajemen. Vol 2 No 1 Hal 97 – 103.

Rami Syah Putri.2015. Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada PT. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Jurnal Valuta. Vol 1 No 2 Hal 298 – 321.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Tommy. 2016. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta : Media Pressindo.

Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa. Jakarta:Gramedia Cawang.

Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Abdul Rahman, & Hosra Afrizoni. (2025). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Penjualan Kamar Hotel Kryad Bumi Minang Padang. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.31933/emjm.v3i1.1211

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.