PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN, DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE

(Studi Kasus Customer Di Kota Padang Yang Melakukan Transaksi Pada Lazada Indonesia)

Authors

  • Riri Mania Darmono
  • Yulistia

Keywords:

Orientasi Belanja, Kepercayaan, dan Minat Beli Secara Online.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian terhadap minat beli secara online pada Customer kota Padang yang melakukan transaksi online pada Lazada Indonesia baik secara parsial maupun secara simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaituRiset Lapangan (field research) Yaitu penelitian dengan mengadakan peninjauan langsung pada lokasi perusahaan dengan maksud memperoleh data dan informasi melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Dan Riset Kepustakaan (library research) Yaitu upaya untuk memperoleh data yang dilakukan oleh penulis melalui buku-buku sebagai landasan teori dalam penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator yang paling dominan dari Orientasi Belanja terhadap Minat Beli Konsumen pada Lazada di Kota Padang adalah Shopping Enjoyment dikarenakan memiliki nilai TCR tertinggi sebesar 83,4%. Kemudian indikator yang paling dominan dari Kepercayaan terhadap Minat Beli Konsumen pada Lazada di Kota Padang adalah Keamanan dikarenakan memiliki nilai TCR tertinggi sebesar 82,4%. Sedangkan indikator yang paling dominan dari Pengalaman Pembelian terhadap Minat Beli Konsumen pada Lazada di Kota Padang adalah Berpengalaman dalam berbelanja online dikarenakan memiliki nilai TCR tertinggi sebesar 82,4%. 2) Berdasarkan hasil pengujian dari uji t, secara parsial Orientasi Belanja bepengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lazada di kota Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar 4,113 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,985 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. 3) Secara parsial variabel Kepercayaan bepengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lazada di kota Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar 2,406 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,985 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,044 < 0,05. 4) Secara parsial variabel Pengalaman Pembelian bepengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lazada di kota Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar 2,106 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,985 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,038 < 0,05. 5) Dan hasil pengujian dari uji F, variabel Orientasi Belanja, Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lazada di kota Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji F, dimana F hitung sebesar 29,137 yang lebih besar dari nilai F tabel sebesar 2,70 dan nilai sig perhitungan yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05.

References

Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Ali Hasan, 2013, Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressindo, Yogyakarta.
Augusty Ferdinand, 2011, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, BP, UNDIP, Semarang.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu Swastha, Dharmesta dan Irawan, 2012, Manajemen Pemasara Modern. Liberty, Yogyakarta.
Basu Swastha, Handoko, T. Hani. 2015. Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. BPFE, Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 20 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Jogiyanto, 2015. Sistem Informasi Keprilakuan. Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen. 15th Edition, Person Education, Inc.
Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Shim, J.K, dan Siegel, J.G. 2011. Budgeting. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Adrian Hira Himawan, 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Notebook Acer (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta). Vol.4, No.1
Afdillah Firdaus, 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus Pada Perumahan Surya Mandiri Teropong Pt. Efa Artha Utama). Vol.4, No.1
Baskara, Hariyadi. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi akan Resiko terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Network Websites).
Dian Kurnia, 2016. Pengaruh Kepercayaan, Orientasi Belanja, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Busana Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Lampung). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Lampung).
Indah Nuril Laili, 2016. Pengaruh Word Of Mouth, Pengalaman Belanja Online, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Situs Jual Beli Online Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa UNISMA Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen JL.MT. Haryono 193 Malang). e-jurnal Riset Manajemen, Fakultas Ekonomi UNISMA.
Job, J. 2015. How Is Trust In Government Created ? It Begin at Home, but ends in the Parliament. Australian Review Of Public Affair. Volume 6, 1’ 1-23.
Putra Dani Irawan (2014). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Matahari Department Store Yogyakarta. Vol.1, No.1
Rahmawati Setyaningsih, 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Kedai Kopi DÔME di Surabaya). Vol.4, No.2.
Risna Debora, 2015. Pengaruh Promosi Terhadap Minat Konsumen (Studi Evaluasi Strategi Penjualan Jasa Kamar Hotel Asean Pekanbaru). Vol.2, No.2.
Wendy Calvindo, 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Multi Konsep Restoran 1914 Surabaya. Vol.3, No.1
Wimpi Diah Saputri, 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Minat beli konsumen pada Ramayana Departmen Store di Surabaya. Vol.1, No.2.

Downloads

Published

2021-01-29

How to Cite

Darmono, R. M. ., & Yulistia. (2021). PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN, DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE: (Studi Kasus Customer Di Kota Padang Yang Melakukan Transaksi Pada Lazada Indonesia). Matua Jurnal, 2(4), 235–258. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/218

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.