PENGARUH SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT.NINDYA KENCANA KSO PADANG PARIAMAN

Main Article Content

Taufik Hidayat
Bakkareng
Susi Yuliastanty

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Pt.Nindya Kencana Kso Padang Pariaman  Dimana Variable X Adalah Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Variabel Dependen Adalah Kinerja Pegawai Di Pt.Nindya Kencana Kso Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan  Uji Regresi Berganda, Uji t dan Uji F . Hasil dari Penelitian Variable Sistem Manajemen Kesalamatan memiliki t hitung(-0,776) < t tabel (1,990) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,440>0,05. Hal ini berarti bahwa H1 ditolak dan Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Manajemen Kesalamatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai di PT. Nindya Kencana KSO Padang PariamanVariable Kesehatan Kerja memiliki t hitung(11,499) > t tabel (1,990) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa H2 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Kesehatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai di PT. Nindya Kencana KSO Padang Pariaman.Dari tabel tersebut diketahui nilai F hitung 91,524 yang lebih besar dari nilai F tabel sebesar3,11(lihat lampiran tabel F) dan nilai probabilitas yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0,000b lebih kecil dari α (5%). Hal ini berarti bahwa H3 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Manajemen Kesalamatan dan Kesehatan Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Pegawai.

Article Details

Section
Articles

References

AA Anwar Prabu Mangkunegara 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Penerbit Bandung : Remaja Rosda Karya
Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan Yogyakarta :Penerbit Aswaja Pressindo.
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Agussalim Manguluang ,2016 . Metodologi Penelitian, Ekasakti Press, Padang
Arikunto, Suharsimi. 2014. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta :RinekaCipta.
Astianto, A., Suprihadi H. (2014). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Surabaya. Tugas Akhir. STIESIA. Surabaya. https://ejournal.stiesia.ac.id
Edison, Emron. et. al. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Eko, Widodo Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss”. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23 (Edisi 8). Cetakan Ke Viii. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu. S.P 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (EdisiRevisi).Bumi Aksara. Jakarta
Irham Fahmi 2016. Teori dan teknik pengambilan keputusan. Jakarta. Raja: grafindo persada.
Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2014. Organizational behavioral-Ed. 5. Boston: McGraw-Hill.
Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teorike Praktik. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Soekidjo. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : PT BPFE
Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pt Bumi Aksara
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Cetakan Ke-22). Bandung : Cv. Alfabeta.
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, Pt. Raja grafindo Persadajakarta - 14240.
Wibowo. 2013. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali per
Wirawan.(2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zainal, Veithzal Rivai, Dkk. 2014.Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Depok.Pt Raja grafindo Persada.
Ade Sofyan.2016. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bekaert Indonesia Plant Karawang.
Aji Septiadi. 2017. Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PO. Keripik Lento 3T Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.
Arjuna. 2014. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan KerjaTerhadap Kinerja Karyawan Di PT.Karini Utama.
Derry Alfianto.2015. Pengaruh Fasilitas Kesehatan Kerja Dan Keselamatan KerjaTerhadap Kinerja Karyawan Bagian Lapangan PT.Bangun Indah Perkasa Nusantara Surabaya.
Dewi Istiqomah. 2014. Analisis Keselamatan Kerja, Dan Kesehatan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Sadapan Pada Perusahaan Daerah Perkebunan Jember.
Dina Nurbati. 2017. Pengaruh Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.Karya Intertek Kencana.
Efriana Meyzaroh. 2015. Pengaruh Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Pabrikasi Pada PG. Trangkil Pati.
Fitri LutfiAnjar Sari. 2015. Pengaruh Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Bridgestone Indonesia Bekasi.
Intan Deslina TikaPutri.2017. Pengaruh Pelaksanan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) TerhadapKinerja Karyawan PT. Bukit Asam.
Kokok Sunariyanto.2014. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Serta Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.Varia Usaha Beton.
Liana Aambar Sari.2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Keselamatan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PadaPT.Total Bangun Persada TBK.
Mely kurnia. 2016. Pengaruh Program Jaminan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.Sambas Wijaya Purbalingga.
Syafrizal. 2015. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT.Padasa Enam Utama Kebun Kalianta Dua Riau.