PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN STRESS KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA (LPP RRI) DI KOTA PADANG

Authors

  • Susi Puspita Sari
  • Rizka Hadya

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Stres Kerja, dan Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang dominan terhadap gaya kepemimpinan, kepuasan kerja, dan stress kerja pegawai pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Kota Padang, untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai dan untuk mengetahui pengaruh stress kerja dalam memoderasi hubungan antara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Kota Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan angket atau kuesioner kepada pegawai Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Kota Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana, regresi linear dengan variabel moderasi dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. gaya kepemimpinan yang diterapkan pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Kota Padang sudah dalam kriteria baik, dimana kepemimpinan yang dominan adalah berorientasi bawahan. Kemudian Stres Kerja dalam kriteria rendah. Penyebab stress kerja pegawai LPP RRI  Padang yang dominan terdapat pada tuntutan tugas. Dan Kepuasan Kerja yang dialami pegawai LPP RRI Padang sudah dalam kriteria baik, dimana kepuasan kerja pegawai yang dominan terdapat pada kepuasan terhadap gaji. 2. Gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Kota Padang. 3. Stres Kerja tidak berpengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan antara Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Kota Padang.

References

Ardana, I.K., Mujiati, N.W., & Utama, I.W.M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Badeni. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Candra, I.W. 2011. Manajemen Stres. Denpasar: Poltekkes Denpasar Jurusan Keperawatan.
Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama, Bandung: Alfabeta.
Hariandja, M.T.E. 2009. Manajemen Sumber Daya. Manusia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hasibuan, M.S.P. 2015. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Luthans, F. 2015. Organizational Behavior: An Avidance – Base approach. New York: The McGrow-Hill Companies, Inc.
Nasrudin, E. 2010. Psikologi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Robbins, S.P dan Judge, T.A. 2015. Perilaku Organisasi, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat
Suwatno & Priansa, D.J. 2016. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Thoha, M. 2013. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Umar, H. 2012. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Eria, E. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. SBS (Sari Buah Sawit) Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal STKIP PGRI Sumatera Barat.
Hamsinah. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Dengan Stress Kerja Sebagai Variabel Moderating.
Prayatna, A.H. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada Fave Hotel Seminyak. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 2, Hal 845-872.
Priyono, F.M.A. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Manajemen Pada Laboratorium Mawar, Journal Of Business and Banking. Volume 2, No. 1, May 2012, Hal. 113 – 122.
Renatha, E. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Stres Kerja di Hotel Karang Setra Bandung. Vol. 2 No. 1 Desember, p. 1 – 10
Rindai. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Stres Kerja di PT. Surya Mandiri. Volume 1 Nomor 1, Oktober 2015. ISSN: 2476 – 9576
Yulia, E., & Mukzam, D. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Stres Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PTPN XI Unit Usaha PG Semboro). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 51, No. 2, Hal 22-31.

Downloads

Published

2020-09-10