PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGATERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT.TRANSMART KOTA PADANG
Keywords:
Kepercayaan, Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan,kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan.Dengan kepercayaan,kualitas produk dan harga sebagai variabel independen dan kepuasan pelanggan pelanggan sebagai variabel dependen.populasi dalam penelitian ini adalah PT.Transmart kota Padang periode tahun 2019 selama satu tahun yang berjumlah 1.830.725 orang.Analisis data yang digunakan adalah Regresi linear berganda,uji instrumen dan uji asumsi klasik.Hasil penelitian kepercayaan memiliki nilai t hitung 2,084 > t tabel 1,663 (sig=0,040<0,05) kualitas produk memiliki nilai t hitung 2,698 > t tabel 1,663 (sig=0,008<0,05) harga memiliki nilai t hitung 3,478> tabel 1,663 (sig=0,001<0,05) yang menunjukan bahwa kepercayaan,kualitas produk dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara simultan kepercayaan, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Dibuktikan dengan besar F hitung sebesar 50.369 > F tabel 3.95 dengan nilai sig F (0,000 < 0,05).
References
Agussalim, M. (2017) Statistik Dasar. Padang: Ekasakti Press. Universitas Ekasakti Padang
Apriyani, D. A. (2017) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo)?, Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), pp.1–7.
Dita Amanah (2010) “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan?, Jurnal keuangan & bisnis, 2(1), pp. 71–79.
Diza, F. (2016) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pt. Fifgroup Cabang Manado)?, Jurnal EMBA, 4(1), pp. 111–112.
Gain, R., Herdinata, C. and Sienatra, B. (2017) „Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt?, jurnal Manajemen dan Start- Up Bisnis, 2(2), p. 6.
Gunawan, C. (2014) „Pengaruh penerapan E- commerce dan reputasi perusahaan terhadap keunggulan bersaing di PT. Balai Iklan Bandung?, jurnal ilmiah magister managemen UNIKOM, pp. 1–17.
Gunawan, K. A. dan H. (2018) „Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam?, jurnal of Applied Business Administration, 2(1), pp. 152–165.
Kotler Philip, Ketller Kevin Lane, 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 2 edisi 12, PT Macana Jaya Cemeru : Jakarta
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, 2011. 10th Edition. “Marketingan Introduction”. Indonesia: Perason
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat, 2013. Manajemen Pemasaran jasa, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat
Made, N., Sulistyawati, A. and Seminari, N.K. (2015) „Kepuasan Pelanggan Restoran Indus?, Jurnal Manajemen Unud, 4(8), p. 3.
Nia safitri Dewi dan Rokh Eddy Prabowo (2018) „Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik ( Studi Konsumen Minuman Isotonik Di Kota Semarang )?, Jurnal Posiding SENDI_U 2018, pp. 711–713.
Purnamasari, Y. (2015) „Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015?, Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), pp. 1–12.
Putra, K. and Indriyani, R. (2018) „Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv Mitra Perkasa Utomo?, Jurnal Agora, 7(1), p. 2. A
Putro, S., Semuel, H. and Brahmana, R.(2014) „Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya?, Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), pp. 1–
Sugiarto, E. (2016) „Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada Ud.Dika Jaya Motor Lamongan?, Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1(01), pp. 34–47.
Syamsiah (2018) Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Supermarket Transmart Carrefour makasar. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1(02), pp. 35–38.
Yafie, A. S. (2016) „Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang)?, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),35(2), pp. 11–19.
Yupitasari, L. (2011) „Pengaruh kualitas produk, kepercayaan, materialisme dan kepuasan terhadap loyalitas pengguna produk iphone di kota semarang?, Jurnal ekonomi dan bisnis, (3), pp. 3–7.