FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MESIN CUCI SHARP DI TOKO AIRA ELEKTRONIK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Yuli Fitri Yanti Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti
  • Bakkareng Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti
  • Delvianti Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti

Keywords:

Kualitas Produk, Merek, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator apa yang dominan pada variabel kualitas produk, merek, harga, promosi dan pengambilan keputusan dalam membeli  mesin  cuci  merek  sharp  pada  toko Aira Elektronik Pakandangan Kab, Padang Pariaman, dan menganalisis faktor kualitas produk, merek,  harga  dan promosi berpengaruh terhadap  pengambilan keputusan konsumen  dalam membeli mesin cuci merek sharp di Toko Aira elektronik Kabupaten Padang Pariaman baik secara parsial maupun secara simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survey dengan cara penyebaran kuiesioner.  Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli mesin cuci merek sharp di Toko Aira Elektronik Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 35 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator dominan dari variabel kualitas produk adalah merek produk dengan TCR sebesar 82,48%. Indikator dominan dari variabel merek adalah kesadaran merek (brand awareness) dengan TCR sebesar 89,90%. Indikator dominan dari variabel harga adalah keterjangkauan harga dan kesesuaian harga dengan kualitas produk dengan TCR sebesar 80,95%. Indikator dominan dari variabel promosi adalah waktu promosi dengan TCR sebesar 81,52%. Kemudian indikator dominan dari keputusan pembelian adalah kebiasaan dalam membeli produk dengan TCR sebesar 82,10%. Berdasarkan hasil uji secara parsial diketahui bahwa kualitas produk, merek dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada toko Aira Elektronik Kab. Padang Pariaman. Pada pengujian secara simultan, kualitas produk, merek, harga dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pada toko Aira Elektronik Kab. Padang Pariaman. Besarnya kontribusi pengaruh kualitas produk, merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di Toko Aira Elektronik Kab. Padang Pariaman adalah 70,0% sedangkan sisanya 30,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Agussalim Manguluang, 2016. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta
Budiyanto, T. 2016. Strategi Promosi, Kualitas Produk, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas PT. Camar Sapta Ganda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16 No. 04, Hal. 488-500.
Deisy, M. Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai – Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4, Hal. 2288 – 2297.
Dharmmesta, B.S dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hapsari, Ajeng, P. 2007. Celebrity Endorser, Typical-Person Endorser Iklan Televisi dan Brand Image Produk (Studi Kasus Pada Pond's Age Miracle). Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, Bandung.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, England: Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip, & Amstrong, Gary, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi kedua belas, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kurnia, M.R. 2016. Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport di Kecamatan Wonosari. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 24, No. 1, Hal. 33 – 42.
Nandiroh. 2013. Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Dharmasraya. Journal of Economic and Economic Education, Vol.2 No.1, Hal 28- 32.
Rawung, D.R. 2015. Analisis Kualitas Produk, Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki pada PT. Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal EMBA, Vol.3 No.3, Hal.1298-1308.
Sari, D.Y. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kapur Barus Merek Bagus (Studi Pada Konsumen Giant Bsb Semarang). Prosiding SENDI_U 2018, Hal 677-683.
Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Edisi 5, Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3 No.1, Hal. 135-144.
Tengor, G. Pengaruh Merek, Desain dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16 No. 04, Hal. 367-375.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2021-03-26

How to Cite

Yuli Fitri Yanti, Bakkareng, & Delvianti. (2021). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MESIN CUCI SHARP DI TOKO AIRA ELEKTRONIK KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Matua Jurnal, 3(1), 167–182. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/277

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.