ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PINJAMAN DI PT. BRI UNIT TIKU CABANG BUKITTINGGI

Authors

  • Ali Imran
  • Bakkareng
  • Yulistia

Keywords:

Faktor - Faktor Perilaku Konsumen, Keputusan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pinjaman di PT. Bri Unit Tiku Cabang Bukittinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Populasi dalam penelitian sebanyak 1.296 orang dengan sampel sebanyak 93 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil pengujian uji t menunjukkan bahwa variabel pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Variabel sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Variabel psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Variabel kebudayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil pengujian uji F menunjukkan bahwa variabel pribadi (X1), sosial (X2), psikologi (X3) dan kebudayaan (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah

References

Adi, Rifki Nugroho, 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dengan Sistem Pre-Order secara Online (Studi Kasus pada Online Shop Choper Jersey). Skripsi UNDIP.
Afifudin, Bernadin. 2016. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dua Kartu Provider GSM Dan CDMA Pada Mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Jurnal Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Hal 157 – 173.
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Anoraga, Pandji. 2014. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu Swastha. 2016. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta: Liberty.
Basu Swastha dan T. Hani Handoko. 2017. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen).Yogyakarta: BPFE UGM.
Budisantoso, Totok dan Sigit Triandaru. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi dua. Jakarta:Salemba Empat
Dhita, Panji, Rizky, Ardaneswari. 2016. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Beras Organik. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol 17 No 1 Hal 69 – 78.
Engel, J.F. et.al. 2013. Consumer Behavior Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Fery, Endah, Shofia. 2015. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Impor Di Pasar Johar Kota Semarang. MEDIAGRO. Vol 11 No 1 Hal 35 – 46.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Karnadi, Kusmirayati. 2015. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen DalamPengambilan Keputusan Pembelian Produk Kopi Susu Instan Merk Torabika Studi Kasus Fakultas Ekonomi UNARS. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 13 No 1 Hal 76 – 94.
Kotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2014. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi Kesepuluh Jilid I. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kristiyanti, Celina Tri Siwi. 2014. Hukum Perlindungan Konsumen. Sinar Grafika: Jakarta.
Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga
Lely Afiati. 2016. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian HP Oppo Di Meteor Cell Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwanto. Jurnal STIE Ichsan Pohuwanto. Hal 245 – 257.
Dendawijaya, Lukman. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
M. Nur Rianto Al Arif. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran bank Syariah. Bandung : Alfabeta.
Mardon, Djurwati. 2016. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Mie Instan Merk Indomie Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA. Vol 4 No 4 Hal 984 – 992.
Muta, Joni, Agus. 2016. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Tahu Di Kabupaten Jember. Jurnal Pamator. Vol 9 No 1 Hal 30 – 40.
Nur, Made, Effendy. 2018. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Mengkonsumsi Buah Jeruk Impor Di Kota Palu. Jurnal Agroland. Vol 25 No 2 Hal 121 – 129.
Permatasari khairunisa, 2017. Analisis Keputusan Pelaku Usaha dalam Memilih Kredit Mikro pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bogor Dramaga.
Schiffman dan Kanuk. 2018. Perilaku konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Sri Handayani. 2012. Aspek Hukum Perlindungan Konsumen dalam Pelayanan Air Bersih pada PDAM Tirtasari Binjai. Jurnal Non Eksakta. Vol 4 No 1 Hal 2 – 11.
Syafirah, Lisbeth, Jopie. 2017. Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. Jurnal EMBA. Vol 5 No 2 Hal 245 – 255.
Umar, H. 2015. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Zubaidah, Sahral. 2017. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merk Nike Di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi. Vol 6 No 1 Hal 37 – 43.

Downloads

Published

2021-12-21