PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA PT. AUTO 2000 CABANG KHATIB SULAIMAN DI PADANG
Keywords:
Produk, Harga, Promosi, Marketing Mix, Keputusan Pembelian KonsumenAbstract
Keputusan pembelian konsumen merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap sebuah produk. Untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa, maka perusahaan menerapkan strategi-strategi dalam proses pemasarannya dan salah satunya adalah marketing mix. Marketing mix merupakan serangkaian alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan oleh perusahaan yaitu produk, harga, tempat, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan perusahaan dalam pasar sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Strategi Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toyota Avanza Pada Auto 2000 Cabang Khatib Sulaiman Padang. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian sebagai berikut: Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Toyota Avanza pada Auto 2000 Cabang Khatib Sulaiman Padang pada tahun 2015-2017 yaitu 3.674 orang dan sampelnya yaitu 97 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan ada pengaruh va riabel marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen Toyota Avanza pada Auto 2000 Cabang Khatib Sulaiman Padang baik secara parsial maupun simultan.
References
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Assauri, Sofjan, 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-11. Penerbit PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. PT.Prehalindo. Jakarta.
Kotler Philip & Gary Amstrong, 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. PT.Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-11. Penerbit PT.Indeks. Jakarta.
Kotler Philip & Keller K. Lane, 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Penerbit PT.Indeks. Jakarta.
Kotler Philip & Gary Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler Philip & Keller K. Lane, 2009. Manajemen Pemasaran. Cetakan Keempat. Penerbit Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler, Philip, 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Edisi Kedua belas, Cetakan Kedua. Penerbit Indeks. Jakarta.
Kotler Philip & Keller K. Lane, 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-12. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.
Mangguluang, Agussalim. 2016. Metodologi Penelitian. Ekasakti Press. Universitas Ekasaksi Padang.
Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Tjiptono Fandy, Gregorius Chandra dan Adriana Dadi, 2010. Pemasaran Strategik. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Putu Ayu Okky Arya Pratiwi. 2014. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Agung Automall Denpasar. Jurnal Manajemen Vol. 01 No. 02. 2014. ISSN 2339-1510
Nathasya Palinggi, Yurina. 2015. Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada PT Paragon Technology And Innovation Di Makassar. Jurnal. Vol 17 no 2. ISSN 8954.3811
Deka I Djakarta. 2012. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Indonesia Seller Perusahaan Ecommerce eBay). Vol. 6, No. 2, Oktober 2012, 85-93