PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI RUMAH SAKIT SELAGURI PADANG
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam kualitas pelayanan, terhadap kepuasan pasien serta pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Selaguri Padang. Metode yang digunakan adalah melakuka penyebaran kuiesioner yang menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung/pasien yang berobat di Rumah Sakit Selaguri Padang baik Rawat Jalan maupun Rawat Inap berjumlah 35.427 orang dengan sampel sebanyak 100 orang dengan memakai rumus Slovin, Sugiyono (2013). Pada kualitas pelayanan terdapat 5 indikator sedangkan kepuasan pasien juga ada 5 indikator. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan indikator yang paling dominan dalam kualitas pelayanan adalah daya tanggap (Responsibility) dengan jumlah kontribusi sebesar 78,30%. Sedangkan indikator yang paling dominan dalam kepuasan pasien adalah Pelayanan yang berkualitas (Reliability) dengan jumlah kontribusi sebesar 86,40%. Berdasarkan hasil analisa Regresi Linear sederhana maka pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Selaguri Padang adalah sebesar 0,823X. hal ini ditunjukan bahwa kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap tingkat kesalahan (?) = 5%. Rekomendasi yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah perlu mempertahankan kualiatas pelayanan kepada pasien karena palayanan yang berkualitas terbukti mempengaruhi kepuasan pasien yang berobat di Rumah Sakit Selaguri Padang.
References
Fandy Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.
Fandy Tjiptono. 2011. Service Quality and Statisfaction. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Gusti Ayu Putu Ratih Kusuma Dewi. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan etrhadap kepuasan dan loyalitas Nasaba PT.BPR Hoki di Kabupaten Tabanan.
Muhammad Novar Nasution. 2011. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Edisi Ketiga. Ghalia Indonesia. Bogor.
Norazah Mohd Suki. Norbayah Mohd Suki. 2013. Service quality and customer satisfaction in academic libraries perspectives from a Malaysian university.
Philip Kotler and Gary Armstrong. 2005. Marketing Management Analysis. Planning Implementation and Control. Millenium Edition. Prentice Hall. Inc. New Yersey.
Philip Kotler and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing management. 15th Edition. Pearson Education. Inc
Sri Fitriani. 2014. Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Rawat Inap RSUD Dr.Morwardi.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Yoza Herna Yulia. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Perbankan Terhadap Kepuasan Nasaba Pada Bank.