PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA GO-JEK ONLINE TERHADAP DAMPAK INDIVIDUAL DI KOTA PADANG

Authors

  • Gina Sua mj
  • Novi Yanti

Keywords:

Kualitas system informasi,kualitas pelayanan,kepuasan pengguna,dampak individual

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh  positif dan signifikan antara variabel kualitas sistem informasi, kualitas pelayanan, dan kepuasan pengguna terhadap dampak individual di kota padang. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh pengguna Gojek online yaitu sebanyak 300.000 orang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi erdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Secara individual dan secara simultan, variabel yang memiliki pengaruh lebih besar adalah variabel kualitas pelayanan dengan koefisien regresi sebesar 0,279 kemudian diikuti dengan variabel kepuaasan pengguna dengan koefisien regresi sebesar 0,261 dan yang terakhir kulitas pelayanan sebesar 0,114. Nilai t hitung dalam penelitian ini terlihat bahwa t hitung sebesar 3.175 > t tabel 1.660 dengan tingkat signifikansi 0.002 < ? = 0.05, t hitung sebesar 2.542 > t tabel 1.660 dengan tingkat signifikansi 0.0013 < ? = 0.05 dan t hitung sebesar 2.805 > t tabel 1.660 dengan tingkat signifikansi 0.006 < ? = 0.05 ini berarti ketiga varibel berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Dampak individual gojek online di Kota Padang. Hasil uji koefisien determinasi (R²) menunjukan Adjusted R Square 0,880 atau 88% berarti variasi variabel dampak individu dapat dijelaskan oleh variabel kualitas system informasi, kualitas pelayanan dan kepuaasan pengguna, sedangkan 12% diterangkan oleh variabel lain yang tidak di teliti

References

Aggelidis, Vassilios, P. dan Prodromos D. Chatzoglou. 2014. Hospital information systems: measuring end user computing satisfaction (EUSC). Journal of Biomedical Informatics
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baroudi JJ and Orlikowski WJ. 2015. A Short-Form Measure of User Information Satisfaction: A Psychometric Evaluation and Notes On Use. Journal Of Management Information Systems 4(4), 44–59
Bastian, Akmal. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi Dan Pelayanan Go-Jek Online Terhadap Dampak Individual Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengguna (Studi: Pelanggan Go-Jek Online Wilayah Jakarta). Diploma thesis, Universitas Andalas
Catherine Prentice, The role of airport service quality in airport and destination choice, Journal of Retailing and Consumer Services, Volume 47, March 2019, Pages 40-48
Doll, William dan Xiadong Deng. 2015. “The Collaborative Use Of Information Technology: End User Participation and System Success”. Information Resources Management Journals. ABI/INFORM Global.
Eka Delvia Febriani. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa Universitas Maranata
Etta. 2014. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Hawkins, Del, I. and David L. Mothersbaugh. 2015. Consumer Behavior. New york: McGraw-hill
Hasanlita. 2014. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Taxi Blue Bird
Fandy Chandra. 2015. Pemasaran Strategik. Jakarta: Indeks. Febrina. 2014. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pelanggan Swalayan Giant Bandung
Febrina (2014) Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pelanggan Swalayan Giant Bandung.
Rachma Fitriati dan Krisna Puji Rahmayanti (2014) Government Support in Triple Helix Collaboration to Provide Health Service Delivery: Case Study Government Hospital in Bengkulu Hospital
Fitria, 2015. Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi Dan Pelayanan Go-Jek Online Terhadap Dampak Individual Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengguna (Studi: Pelanggan Go-Jek Online Wilayah Pekanbaru)
Kemefa suIfiea (2016) How service quality and outcome confidence drive pre-outcome word-of-mouth Journal of Retailing and Consumer Services, Volume 44, 2018, pp. 45-53
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 200915. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa: Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Knight, Shirlee-ann and Janice Burn. 2015. Developing a framework for assessing information quality on the wide web. Information sience journal
Lovelock, Christoper. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Listanto Tri Utomo . 2015. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang.
Luqman Habieb Prasojo. 2015 Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Aplikasi Rail Ticket System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem (Studi Kasus pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 2 Bandung) e-Proceeding of Management : Vol.2, No.1 April 2015 | Page 555
Livari, Juhani. 2015. An Empirical Test of Delone-McLean Model of Information System Success .
Nathalie T.M.Demoulina (2017) Acceptance Of Text – Minning System, The Signaling Role Of Information Quality.Volume 124, 4 September 2017, Pages 157-169
Palanapia Ppan Shamala (2017) Integrating information quality dimensions into information security risk management (ISRM) Journal of Information Security and Applications, Volume 36, October 2017, Pages 1-10
Rachma Fitriatia Krisna (2012) “ Government Support in Triple Helix Collaboration to Provide Health Service Delivery: Case Study Government Hospital in Bengkulu Hospital” Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 52, 2012, Pages 160-167
Rambat, Lupiyoadi. 2014. Manjemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Rifaldi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta
Septiani, Winda., Wahyu Agus Winarno., & Alfi Arif (2014), Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna di Jember. E-Journal Ekonomi dan Bisnis Akuntansi.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learni
Suhartini. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Trans Jakarta
Tutian. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan jasa Primagama
Winda. 2015. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember).
Wilkinson. 2015. Sistem Akunting dan Informasi. Edisi Ketiga. Jilid Satu. Binarupa Aksara. Jakarta Barat
Yuliana. 2015. Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi Dan Pelayanan Go-Jek Online Terhadap Dampak Individual Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengguna (Studi: Pelanggan Go-Jek Online Wilayah Surabaya)
Yohanes. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Karang Setra Bandung

Downloads

Published

2020-09-10