PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT KUNANGO JANTAN PADANG

Authors

  • Dini Alyani Putri
  • Meri Dwi Anggraini

Keywords:

kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan pelanggan

Abstract

Penjualan PT. Kunango Jantan Padang mengalami penurunan, hal ini disebabkan karena perbedaan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dan kualitas produk yang dipesan tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Hal ini menyebabkan rendahnya kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di PT. Kunago Jantan Padang. (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di PT. Kunago Jantan Padang. (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di PT. Kunango Jantan Padang.

Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT Kunanggo Jantan Padang selama tahun 2019 sebanyak 48 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 48 perusahaan. Metode analisi data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda

Hasil penelitina menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Kepuasan Pelanggan Pada PT Kunango Jantan. (2) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Kunango Jantan Padang. (3) Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk, berpengaruh singinifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PT Kunango Jantan Padang.

Berdasarkan hasil analisis ini, untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan baik

References

Barata, Atep Adya. 2015. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Gramedia
Handi Irawan. 2002. 10 prinsip kepuasan pelanggan. Jakarta: Elex Media
Komputindo
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi, 2016, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba. Empat, Jakarta
Simamora, Henry. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN
Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2017. Service, Quality, & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner and D.D Gremler. 2013. Service Marketing:Integrating Customer Focus Across the Firm. 6e, Mc.Graw-Hill,Boston
Abdul Basith. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan De’Pans Pancake and Waffle di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 11 No. 1
Aji Nugroho, 2018, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Lazada Express Saat Harbolnas Di E-Commerce
Basrah Saidani Dan Samsul Arifin, 2016, Pengaruh Kualitas ProdukDanKualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market.
Dwi Aliyyah Apriyani. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 51 No. 2
Inka Janita Sembiring. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 15 No. 1
Fifyanita dan Mustafa, 2016, Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang).
Siti Nurhalimah, 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Garasi di Ungaran)
Vivian Suryatama, 2017, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Mc Donald’S Slamet Riyadi Surakarta)

Downloads

Published

2020-09-10