PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS PANGKALAN KECAMATAN PUCUK RANTAU PROVINSI RIAU
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan PasienAbstract
Puskesmas pangkalan merupakan pusat pelayanan kesehatan di daerah kecamatan pucuk rantau yang masih terbilang belom sempurna, karena dokter dan pegawai tidak tinggal di area puskesmas tersebut, keterlambatan pihak Puskesmas dalam membuka loket pelayanan, sehingga banyak pasien yang menunggu kepastian waktu dimulainya pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Pangkalan Kec.Pucuk Rantau Prov.Riau. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalakan pengobatan di puskesmas dengan pasien sebanyak 967 pasien pada bulan Januari sampai bulan Desember 2018 yang berjumlah 91 orang diambil secara simple random Sampling. Data diolah dengan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pasien dan terdapat pengaruh signifikasn antara lokasi (X2) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pangkalan Kec.Pucuk Rantau Prov.Riau.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas edisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Dewi Retno Indriaty. 2010. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Puskesmas Gunungpati Semarang).
Difa Nurulia Savitri, 2013, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Tarif Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Lestari Raharja Kota Magelang (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap Non Asuransi) Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Sosial Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Kiki Andriani, 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Klinik Netti Di Kota Padang.
Kotler, philip, 2012, manajemen pemasaran. Edisi ke-12, penerbit Indeks, Jakarta
Lovelock & Lauren K Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, Indonesia
Lupiyoadi, 2010. Manajemen pemasaran jasa, Raja Grafindo, jakarta.
Puguh Bachtiar. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Wuluhan.
Sugiyono, 2010, Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta
Suwardi. 2011. Menuju Kepuasan Pelanggan melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan dalam Jurnal Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 11 No 1.
Tjiptono, Fandi. 2012 Service Management, Mewujudkan Layanan Prima. Andi, Yogyakarta
Tjiptono, Fandi. 2016. Manajemen Dan Strategi Merek. Andi, Yogyakarta.
Valentina Anissa Febrian. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusuo).