PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN BUDIMAN CABANG AMPANG PADANG
Keywords:
harga, promosi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelianAbstract
Swalayan Budiman Cabang Ampang menjual berbagai macam barang harian dengan sasarannya adalah masyarakat setempat. Tujuan penelitian yaitu mengetahui Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Budiman Cabang Ampang Padang. Metode pengumpulan data adalah Penelitian Lapangan serta Penelitian Kepustakaan. Jenis data memakai data primer dan sekunder. Populasi mempergunakan semua pelanggan yang melakukan pembelian swalayan Budiman cabang Ampang Padang yang telah belanja lebih dari satu kali sebanyak 235.807 orang dan sampel 93 orang. Metode analisis dalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan (1) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Budiman Cabang Ampang Padang, (2) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Budiman Cabang Ampang Padang, (3) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Budiman Cabang Ampang Padang dan ($)secara bersama-sama variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Budiman Cabang Ampang Padang.
References
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Desi Ani Putri. (2018). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Dancow Pada Irian Supermarket Aksara. Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma. Program studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.
Idris. (2016). Analisis Data Kuantitatif. Padang: UNP. Padang.
Indriyanti. (2015). Analisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian buku di togamas jl. dr. moewardi 21 solo. Jurnal Pemasaran Kompetitif.
Karimah. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Kotler. (2013). Principle of Marketing (Edisi 14). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler. (2016). Marketing Management, (15th. Edition). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Lasmeri, Y. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian (Studi Kasus Toko Lesba Fanci).
Nugroho. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. Yogyakarta.
Permatasari, E. N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Minimarket (Studi Kasus pada Pelanggan Minimarket Alfamart Tayu Wetan, Tayu, Pati, Jawa Tengah). Jurnal Aplikasi Manajemen, 15. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/54142/1/ElienNiraPermatasari_15808147012.pdf
Pratiwi, O. D. (2015). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Freshasan Cabang Banjarsari Selatan Semarang). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.
Prayitno. (2013). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Business and Economics, 1, No 1.
Rangkuti, F. (2009). Persepktif Manajemen dan Pemasaran Konteporer. Yogyakarta: Andi Offset.
Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Roimatuh, R. (2016). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Rental Atika DVD dan VCD Kediri. jurnal bisnis manajemen, 01.
Siswoyo. (2017). Analisis Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waralaba Alfamart BCL 2. Jurnal Administrasi Bisnis.
Soewito. (2013). Teori Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Swastha, B. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Liberty.
Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Andi Offset, Yogyakarta.
Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Edisi 2). Jakarta: Rajawali Pers. Jakarta.