PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI PT. ZATAKA EXPRESSINDO UTAMA

Authors

  • Senia Eka Putri
  • Tiffany Ratu Firdaus

Keywords:

Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Lokasi

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan loasi signifikan  terhadap  keputusan  pembelian  dalam  menggunakan  jasa  pengiriman  barang  pada  PT. Zataka Expressindo Utama. Dimana variable X1 adalah kualitas pelayanan X2 lokasi dan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan uji regresi berganda, uji-t dan uji F. Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Zataka Expressindo Utama. Secara parsial lokasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Zataka Expressindo Utama. Secara simultan kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Zataka Expressindo Utama.

Sedangkan  berdasarkan  perhitungan  nilai  Koefisien Determinasi (R2)  diperoleh  nilai Adjusted  R Square sebesar 77. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama kualitas pelayanan dan lokasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap  keputusan  pembelian  dalam  menggunakan  jasa pengiriman barang pada PT. Zataka Expressindo Utama sebesar 7%. Sedangkan sisanya sebesar 73% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

References

Arikunto, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Basu Swastha, Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Darmadi, Hamid, 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta.
Djaslim, Saladin. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Linda Karya.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.
Kotler, Philip dan Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13 Jakarta : Erlangga.
------. 2012. Marketing Management, Edisi 14. Global Edition. Penerbit : Pearson Prestice Hall.
Kotler, Philip & Gary Armstrong, Prinsip- prinsip Pemasaran, Jakarta : Erlangga.2008.
-----. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
-----. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, Salemba Empar, Jakarta.
Manguluang, Agussalim. 2016. Metodologi Penelitian, Ekasakti Press, Padang.
Pujawan, I Nyoman. 2010. Supply Chain Management. Edisi Kedua. Surabaya : Guna Widya.
Priyanto, 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.
Schiffman , I.G. dan Kanuk, Leslie L., 2013. Prilaku Konsumen. Edisi 8. Jakarta : Indeks
Sitepu, B.P., 2014. Pengembangnan Sumber Belajar. Jakarta : Rajawali Press.
-----, 1994. Analisis Jalur (Path Analysis), Unit Pelayanan Statitika Jurusan Statistika, Bandung : FMIPA UNPAD.
Sugiyono. 2010. “Metode Penelitian Bisnis”, Bandung: CV. Alfabeta.
-----. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: CV. Alfabeta.
-----. 2015. “Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method)”. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta : Penerbit Andi.
-----. 2010, Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi Offset.
-----.2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Yogyakarta, Penerbit : Ando Offset.
----. 2014, Pemasaran Jasa – prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset
-----, 2105. ”Strategi Pemasaran” Bayu Media Publishing, Malang.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2015. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi.
Agnes Liqia P., Lisbeth Mananeke, Jantje Sepang (2013). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnar EMBA ISSN : 2303- 1174 Volume 04 Nomor 01 Tahun 2013. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Brian Cahyo Adyanto, Suryono Budi Santosa (2018). Pengaruh kualitas layanan. Bran image, harga dan kepercayaan produk terhadap keputusan pembelian (studi layanan e-commerce Berrybenka.com). ISSN (online) 2337- me 07 Nomor 01 Tahun 201
Dedy Ansari Harahap (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis Volume 07 Nomor 03 Tahun 2015. Universitas Sumatera Utara.
Dewi Purbawati (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen memilih jasa pengiriman pada PT. POS Indonesia di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis ISSN : 2355-5408 Volume 06 Nomor 02 Tahun 2018. Universitas Mulawarman.
Heru Sucianto Tjia, Suharno, MA. Kadafi (2017). Pengaruh harga, kualitas produk dan distribusi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN : 1907-3011 Volume 04 Nomor 02 Tahun 2017. Universitas Sam Ratulangi.
Imilda Krisnawati (2017). Pengaruh kualitas Pelayanan, promosi dan Harga terhadap keputusan pembelian di J&T Ekspress Cabang Nganjuk tahun 2016. Jurnal Simki-Economic ISSN : BBB-BBB Volume 01 Nomor 02 Tahun 2017. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Muhammad Yusuf Dana Mukti (2015). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). Jurnal riset mahasiswa ekonomi (RITMIK) ISSN : 2407-2680 Volume 02 Nomor 01 Tahun 2015. STIE Kesuma Negara Blitar.
Nicklouse Christian L., Silviya L. Mandey, Sjendry S.R. Loindong (2015). Pengaruh harga, lokasi dan fasilitas terhadap keputusan menggunakan jasa taman wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder. Jurnal EMBA ISSN : 2303-1174 Volume 03 Nomor 01 Tahun 2015. Universitas Sam Ratulagi Manado.
R.Ananda Irhasr Maha Adiprayitno (2017). Pengaruh kualitas dan harga terhadap keputusan penggunaan jasa. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JTPN) ISSN : 2337-6708 Volume 01 Nomor 01 Tahun 2017. Universitas Negeri Surabaya.
Santri Zulaicha, Rusda Irawati (2016). Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di morning bakery Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis Volume 04 Nomor 02 Tahun 2016. Politeknik Negeri Batam.

Downloads

Published

2021-01-29

How to Cite

Senia Eka Putri, & Tiffany Ratu Firdaus. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI PT. ZATAKA EXPRESSINDO UTAMA. Matua Jurnal, 2(4), 353–370. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/225

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.