ANALISA PENGARUH BIAYA PENGOBATAN, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS INDERAPURA KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Yedo Yendra
  • Salfadri
  • Yulistia

Keywords:

Biaya Pengobatan, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh biaya pengobatan, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada puskesmas inderapura kabupaten pesisir selatan. Dimana Variable X1 Adalah biaya pengobatan , X2 fasilitas, X3 kualitas pelayanan Variabel Dependen Adalah Kepuasan Pasien. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan  Uji Regresi Berganda, Uji t dan Uji F . Hasil dari Penelitian Variable biaya pengobatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien/konsumen variable fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien/konsumen. Variable Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien/ Konsumen Variabel Biaya Pengobatan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien/Konsumen Pada Puskesmas Inderapura Kabupaten Pesisir Selatan. Kontribusi pengaruh Biaya Pengobatan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien/ Konsumen sebesar 73,8% sedangkan sisanya 26,20% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

References

Agussalim Manguluang, 2017. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Amir, M Taufik. 2013. Manajemen strategi. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Aziz Nasution, 2014. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung: PT. Citra AdiyaBakti.
Basu Swastha, 2014. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. BFFE-Yogyakarta.
BPJS Kesehatan, 2016.Buku Panduan Praktis: Pelayanan Kesehatan. Jakarta.
Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Satu Nusa. Bandung.
Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, 2014. Edisi ,Andi : Yogyakarta.
Fandy Tjiptonodan Gregorius Chandra, 2016. Pemasaran Strategik. Yogyakarta,. ANDI.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.
Kotler, dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Garry Amstrong, 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lupyoadi, R dan Hamdani, A. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nasution, M.N., 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management ) Edisi Keempat. Ghalia Indonesia, Bogor.
Sekretariat Negara RI, 2004. Sistem Jaminan Sosial Nasional: Undang-Undang no. 40 Tahun 2004, Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Yazid, 2013. Pemasaran Jasa Konsep dan Iplementasi. Ekonisia: Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-03-26

How to Cite

Yedo Yendra, Salfadri, & Yulistia. (2021). ANALISA PENGARUH BIAYA PENGOBATAN, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS INDERAPURA KABUPATEN PESISIR SELATAN. Matua Jurnal, 3(1), 35–44. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/268

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.