PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK PADANG Studi Kasus Konsumen Indihome

Main Article Content

Mutia Amanda Ahmad
Meri Dwi Anggraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini ada 40.013 konsumen dengan sampel sebanyak 100  konsumen.  Berdasarkan  hasil  analisis  dan  pembahasan,  didapatkan  variabel  Kualitas  Pelayanan  (X) berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK Padang, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai t hitung dari variabel kualitas pelayanan adalah sebesar 5.714 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.98447. Sehingga t hitung > t tabel dan  nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000 < 0,05 jadi Ho ditolak Ha diterima

Article Details

Section
Articles

References

Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Ai Lili Yulianti (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. ISSN : 1693-0827.
Alfi Syahri Lubis, Nur Rahmah Andayani (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. ISSN : 2548-9909.
Betty Rahayu (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BPR Artha Pamenang Cabang Jombang. ISSN : 2302-8912.
Damodar N., Gujarati dan Dawn C. Porter. 2009. Basic Econometric.5th Edition. McGraw –Hill: New York.
Danang Sunyoto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Daryanto. Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang:Gaya Media.
Elistya Rimawati (2016) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan STMIK Sinar Nusantara Surakarta. ISSN : 1693-1173.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ida Ayu Inten Surya Utami (2015) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. ISSN : 2302-8912.
Kotler, Keller. 2016. Marketing Management. 15e, Boston, Person Education.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Ludviyatus Sholeha, Sutrisno Djaja, Joko Widodo (2018) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. ISSN : 1907-9990.
Lupiyoadi, R. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.
Mauludin, Hanif. 2010. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Muhammad Tony Nawawi, Purwanto (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Bank BNI 46 Kantor Cabang Pembantu di Universitas Tarumanagara Jakarta. ISSN : 2541-3406.
Munawir (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Fotocopy Awy Comp Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. ISSN : 2599-3348.
Nasution, A. H., dan Prasetyawan, Y. 2015. Perencanaan & Pengendalian Produksi. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Ni Made Arie Sulistyawati, Ni Ketut Seminari (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. ISSN : 2302-8912.
Pohan, C. A. 2013. Manajemen Perpajakan: Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Putri Oktaviani, Sasi Utami, Bidu Susanto (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Pos Express PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kediri Kota. ISSN : 2621-2374.
Putri Rahmayanti Tambunan, Bethani Suryawardani (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. JNE Perwakilan Kawaluyaan Tahun 2014. ISSN : 2252-8520.
Ralph Edfrans Tuju (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Sepeda Motor Yamaha Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Hasjrat Abadi di Manado. ISSN : 2303-
1174.
Sigit Sanjaya, Susy Yuliastanty (2017) Pengaruh People, Process dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Atas Pelayanan Pada Rumah Sakit SIti Rahmah Kota Padang. ISSN : 2528-6838.
Sigit Sanjaya, Susy Yuliastanty (2018) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Atas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Mandala Multifinance Kota Padang. ISSN : 2597-6540.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta:Gramedia Cawang.