PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DI CREATIVE MOBILE PADANG
Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui indikator-indikator manakah yang dominan dari harga, kualitas produk dan keputusan pembelian smartphone di Creative Mobile Padang; (2) Untuk mengetahui Apakah harga dan kualitas produk berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian smartphone di Creative Mobile. Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 88 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa indikator yang paling dominan dari variabel harga yaitu daya saing harga dengan nilai TCR sebesar 79,36%. Indikator yang paling dominan dari variabel kualitas produk yaitu Estetika (easthetics) dengan nilai TCR sebesar 77,77%. Indikator yang paling dominan dari variabel keputusan pembelian yaitu pilihan produk dengan nilai TCR sebesar 79,41%. Harga dan kualitas produk berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian smartphone di Creative Mobile Padang.
References
Aloysius Sunu D. 28 Februari 2019. Sebanyak 38 Juta Unit Smartphone Terjual di Indonesia, 4 Merek Mendominasi, https://wartakota.tribunnews.com/2019/02/28/sebanyak-38-juta-unit-smartphone-terjual-di-indonesia-4-merek-mendominasi?page=2. Diakses 18 Oktober 2019.
Arianto, N. dan Adzmi Fahmi Albani. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), Vol.1, No.3. Hal 1-14.
Arianto, N. dan Adzmi Fahmi Albani. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), Vol.1, No.3. Hal 1-14.
Bnu, Nusrai et al. 2018. Effect Of Brand Image And Price Perception On Purchase Decision. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), Volume 20, Issue 8. Ver. II, PP 76-81.
Cahya, E. dan Harti. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xperia Z Series Di Counter Insight Plaza Marina Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol 3, No. 2. Hal 1-15.
Cahya, E. dan Harti. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xperia Z Series Di Counter Insight Plaza Marina Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol 3, No. 2. Hal 1-15.
Cahya, N. dan Muchsin Saggaff Shihab. 2018. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone ASUS Studi Kasus di PT. Datascrip. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), Vol. 1, No. 01, pp. 34-46.
Ginting, Nembah F.H. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
KumparanTECH, 3 Februari 2019, IDC: Sepanjang 2018, Penjualan Smartphone Global Lesu, https://kumparan.com/@kumparantech/idc-sepanjang-2018-penjualan-smartphone-global-lesu-1549178589597735590, Diakses 18 Oktober 2019.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nelwan, J. et al. 2016. The Influence of Brand Image, Perceived Quality and Country of Origin Toward Consumer Purchase Decision of Smartphone Product in Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16 No. 03: 168-176.
Sata, M. 2013. Consumer Buying Behavior of Mobile Phone Devices. Journal of Marketing and Consumer Research - An Open Access International Journal Vol.2.
Satyanegara, A. dan Cut Irna Setiawati. 2016. Product Attributes and Price on Purchase Decision of Xiaomi Smartphone. Trikonomika. Volume 15, No. 1, Page. 40-47.
Schiffman, L.G. dan L.L. Kanuk, 2009. Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Septyaningrum, C., Andi Tri Haryono, dan Aziz Fatoni. 2018. The Influence of Product Quality, Brand Image, and Price on Purchase Decision with Consumer Satisfaction as Intervening Variable (Studies On Communities Using Samsung Smartphones in Kecamatan Pedurungan Semarang). Journal of Management, Vol. 4 No. 4.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sulistyawati, Ari. 2009. Buku Ajar Asuhan Kebidanan pada ibu Nifas. Yogyakarta: Andi Offset.
Swastha, B. dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, Edisi 1, cetakan ke 4. Yogyakarta: BFFE.
Wahyunanda Kusuma Pertiwi. 9 Mei 2019. "Indonesia Jadi Pasar Smartphone Paling Subur se-Asia Tenggara ", https://tekno.kompas.com/read/2019/05/09/11334417/indonesia-jadi-pasar-smartphone-paling-subur-se-asia-tenggara. Diakses 18 Oktober 2019.
Walia, P. dan Lalit Singla. 2017. Analysis of Factors Influencing Consumer Purchase Decision of Cellular Phones. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), VOl. 5 Issue 07 pp 6347-6356.
Yulianda, S. dan Tati Handayani. 2015. The Effect of Two Aspects-Quality Products and Consumers Psychology - Toward the Purchase Decisions of Samsung Mobile Phone. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol 6 No 5, pp 203-208.