FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS EKASAKTI PADANG Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen

Main Article Content

Rahmat Tulhalim
Bakkareng
Delvianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program studi manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Unes angkatan 2017, 2018 dan 2019 sebanyak 887 mahasiswa, dengan 90 mahasiswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis menggunakan model regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Biaya Pendidikan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Prospek Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Citra Prodi berpengaruh positif dan tidak  signifikan terhadap  Keputusan Mahasiswa, Status Akreditasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Fasilitas Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa, Kualitas Dosen berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa. Minat, Biaya pendidikan, Prospek Kerja, Citra Prodi, Status Akreditasi, Fasilitas Pendidikan dan Kualitas Dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa.

Article Details

Section
Articles

References

Agussalim Manguluang, 2016. Metodologi Penelitian, Universitas Ekasakti Press, Padang
Agussalim Manguluang, 2017. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Arikunto, 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara Cipta dan R&D. Bandung: Alfabeta
Danang, Sunyoto, 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Buku Seru
Djaali, 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Ghozali, Imam, 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: UNDIP
Ghozali,Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Kasali, R, 2003. Manajemen Public Relations. Grafiti, Jakarta.Kotler, P. and N Kebijakan Harper Collins Publisher. Ahli Bahasa. DR. Faisal H. Basri, SE MSc, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Krugman, Paul dan Obstfeld, Maurice, 2004. Ekonomi Internasional Teori dan Lee. 2005. Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley & Sons Inc, New Jersey
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta
Muhson, Ali, 2015. Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta : FE UNY
Nova, Firsan, 2011. Crisis Public Relations: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan. Jakarta : Rajawali Press
Soemirat, S & Ardianto, E, 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Afabeta
Supriadi, Dede, 2004. Satuan Biaya Pendidikan Dasar Dan Menengah: Rujukan Bagi Penetapan Kebijakan Pembiayaan Pendidikan Pada Era Otonomi Dan Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Reamaja Rosdakarya
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
„Amaliya, Rizqi (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ade Nia Suryani, Jurnal Manajemen Kompeten Vol. 1 No. 1 Juni 2018, 71 –87. Pengaruh Brand Image Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Manajemen Di STIE Rahmaniyah Sekayu (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2013/2014). STIE Rahmaniyah Sekayu.
Anggraeni, Faizah (2016). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Mahardi Saputro, Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol 6, No. 1, Juni 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi. Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak
Sari H. Maharani, Linda Permanasari, Rohayati, Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 2, Nov2018: 67-131. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Politeknik Negeri Banjarmasin.
Teguh Haria Aditia Putra, Mira Meilisa Jurnal Vol. XII, No. 6 Juli 2018. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.