PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP NIAT PERILAKU KONSUMEN PADA RESTORAN BAGAN PADANG
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Niat PerilakuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap niat perilaku konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survey dengan cara penyebaran kuiesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung di Restoran Bagan sebanyak 98 orang konsumen dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis, uji t danF. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Perilaku Konsumen di Restoran Bagan Padang. Sedangkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan juga berpengaruh signifikan terhadap Niat Perilaku Konsumen di Restoran Bagan Padang. Besarnya kontribusi pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Perilaku Konsumen di Restoran Bagan adalah sebesar 40,1% sedangkan sisanya 59,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Atmaja, L.S. (2009). Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Andi.
Evirasanti, M., Ketut Rahyuda, Ni Nyoman Kerti Yasa. (2015). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan dan Behavioral Intentions (Studi di Métis Restaurant). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Vol. 5 No. 12 Hal. 4331-4358.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2005). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Global Edition. United States of America: Pearson Education Limited
Lupiyoadi, R.dan Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Dua. Jakarta: Salemba Empat
Mariska, Z.H. dan Muchsin Saggaff Shihab. (2016). Pengaruh Dimensi Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Hotel dan Dampaknya Terhadap Behaviour Intention (Studi Kasus pada Hotel Aston Kuningan Suites- Jakarta). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 14 No. 2 Hal. 217-234.
Peter, J Paul dan Olson, Jerry C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York, USA: Mc Graw Hill.
Priyatno, D. (2016). SPSS Handbook: Analisis Data, Olah Data, & Penyelesaian Kasus-Kasus Statistik. Yogyakarta: Mediakom.
Purbasari, D.M dan Dewi Laily Purnamasari. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen Vol. 2 No.1 Hal. 43-54.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutanto, H. dan Amelia. (2014). Pengaruh Variabel Internal Melalui Kepuasan dalam Usaha Meningkatkan Niat Berperilaku Konsumen Restoran di Surabaya. Jurnal GEMA AKTUALITA Vol. 3 No.1, Hal. 44-53.
Tahalele, M.C. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Hotel terhadap Kepuasan yang Berdampak pada Niat Berperilaku Pelanggan Hotel Amboina di Kota Ambon. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol.2 No. 2 Hal. 127-142.
Tandijaya, T.N.B. (2018). Analisa Pengaruh Service Quality Terhadap Behavioral Intentions Dengan Perceived Value dan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pendidikan Tinggi. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.12 No. 2 Hal. 84-93.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset