PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO YAL COLLECTION BAWAN

Authors

  • Bakkareng
  • Tifany Ratu Firdaus
  • Rafi Nanda

Keywords:

Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Distribusi dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di Toko YAL Collection. Dengan produk, harga, promosi dan distribusi/place sebagai variabel independen dan kepuasan pelanggan sebagai variabel sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Toko YAL Collection sebanyak 4.190 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian analisis regresi linear berganda, uji instrumen dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk nilai thitung  sebesar  2,434 yang nilainya lebih besar dari ttabel sebesar 1,985 (sig. 0,017<0,05). Nilai thitung variabel harga adalah sebesar 3,570 lebih besar dari ttabel sebesar 1,985 (0,001< 0,05). Nilai thitung dari variabel promosi adalah sebesar  2,018 lebih besar dari ttabel sebesar 1,985. (sig. 0,046<0,05). Nilai thitung  dari variabel distribusi/place adalah sebesar  2,032 yang nilainya lebih besar dari ttabel sebesar 1,985 (sig. 0,045<0,05) dan seluruh variabel bauran pemasaran secara serempak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di Toko YAL Collection dengan nilai Fhitung 15, 438 > 2,92 (sig 0,00 < 0,05).

References

Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda). E-Journal Administrasi Bisnis, 3(1), 224-258.
Agustin, S. (2016). Pengaruh Distribusi/place, kualitas Distribusi/place dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(1).
Amryyanti, R., & Sukaatmadja, I. P. G. (2013). Pengaruh kualitas layanan, Distribusi/place, dan kewajaran Distribusi/place terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada lnc skin care Singaraja. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Andayani, A. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Timezone Depok Town Square. Jurismata, 1(2), 133-144.
Choirul Marati, N. A. F. I. S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Distribusi/place Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3).
Faradina, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Distribusi/place dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7).
Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P .
Faridah, R., & Rismawati, N. (2013). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Pascabayar Halo Di Kota Amuntai. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 4(1).
Gunadi, E. (2018). Hubungan Distribusi/place dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan M-Sport Futsal Center. Agora, 6(1).
Handoko, B. (2017). Pengaruh Distribusi/place, Distribusi/place Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61-72.
Handoko, B. (2017). Pengaruh Distribusi/place, Distribusi/place Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61-72.
Kotler, P. & Keller, K. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 12. PT Indeks, Jakarta.
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran. jilid 1, Edisi Kedua Belas. PT indeks: Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh Bob Sabran. Edisi 13 Jilid II. Jakarta: Erlangga.
Kotler.P. 2000.Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi ke-2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi 3. Jakarta Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Montung, P. (2015). Pengaruh Kualitas Distribusi/place, Kualitas Layanan dan Persepsi Distribusi/place Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Kawan Baru. EFISIENSI, 15(5).
Pratama, I. A., & Purwidayanta, S. (2019). Sistem Informasi Geografis Lokasi Perumahan Di Kabupaten Tasikmalaya Berbasis Web. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 2(1).
Supardi, S. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII
Susnita, T. A. (2020). Pengaruh Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Maja Menjangan Kabupaten Majalengka. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 200-206.
Thotik Gunara dan Utus Sudibyo. 2008. Marketing Muhammad SAW., Bandung: Madani Prima. Press.
Tjiptono, F. (2003). Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. 2008. Manajemen Jasa.. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2001. Service Quality And Satisfaction. Andi. Yogyakarta
Wahyudi, T., & Prawatya, Y. E. (2012). Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor. ELKHA: Jurnal Teknik Elektro, 4(2). Distribusi/place berpengaruh signifikan terhdap kepuasan pelanggan.
Yusanto, M. I dan Widjajakusuma (2008). Menggas Bisnis Islami. Cetakan ke-7. Jakarta:GemaInsani.
Zakaria, D. G. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Distribusi/place dan Distribusi/place Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4). Distribusi/place bepengaruh signifikan terhadap kepuasan pelangan.

Downloads

Published

2022-12-17

How to Cite

Bakkareng, Tifany Ratu Firdaus, & Rafi Nanda. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO YAL COLLECTION BAWAN. Matua Jurnal, 4(4), 757–767. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/731

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.