PENGARUH PEMBERIAN DISKON DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
(Studi Empiris Pada Restoran Makanan dan Minuman Cepat Saji Pizza Hut A.Yani Padang)
Keywords:
Pemberian Diskon, Brand Image Dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian diskon dan brand image terhadap keputusan pembelian pada restoran makanan dan minuman cepat saji Pizza Hut Padang baik secara pasrsial maupunsimultan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakankuesioner yaitu dengan memberikan beberapa pertanyaan atau pernyataan kepadakonsumen pizza hut A. yani padang. Responden pada penelitian ini sebanyak 98 respondendengan menggunakan rumus slovin. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresiberganda dan koefesien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemberian diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputsan pembelian. .Dengan nilai t hitung 5744 > dari nilai t tabel sebesar 1,66123 dengan nilai sig.0.00 < 0.05 (2) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputsan pembelian. Dengan nilai t hitung 7.370 > dari nilai t tabel sebesar 1,66123 dengan nilai sig.0.00 < 0.05. Secara simultan (3) pemberian diskon dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputsan pembelian. Dengan F hitung 62,566 yang lebih dari F tabel 3,94 dengan nilai sig.0.00 < 0.05 Kontribusi pemberian diskon dan brand image terhadap keputusan pembelian sebesar 62.7 %. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 100% - 62.7 % = 37.3 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain selain variabel yang diteliti di atas.
References
Anuar, P., 2016. Pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan produk air minum kemasan (kasus produk merk muraqua pt. Tirtasari floragrata kecamatan siak hulu kabupaten kampar). JOM FISIP Vol. 3 No. 2
Atok, H., 2019. Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sambal Bu Sandra Surabaya. Jurnal Studi Bisnis dan Administrasi Volume 2 No.2 ISSN: 2620-794X
Ardiansyah, dkk., 2020. Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Online Shop Shopee Study Kasus Pada Mahasiswa STIE Bima. Jurnal JPENSI Volume no.5 e-ISSN 2621-3168.
Assauri, S., 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Arianty, N., Dewi, A., dan Hanifah, J., 2015. Manajemen Pemasaran. Medan: Penerbit Perdana Publishing.
Kotler dan Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Menik, W., 2016. Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bsinis Politeknik Negeri Jakarta, Jurnal Epigram, Vol 13.
Mila, Y, P., 2017. Pengaruh Harga Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu 2BEAT. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Volume No. 7 E-ISSN 2461-0593
Nuru, S., 2017. Analisis Pengaruh Faktor Price Discount ,BonusPack DanBrand Image Terhadap Konsumen Dalam Melakukan ImpulseBuying Pada Produk Oriflame Dikota Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen Volume II No. 3 ISSN 2502-3780
Nora, P, N., 2018. Analisis pengaruh merek, potongan harga dan iklan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT.Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Jurnal Akuntansi Barelang. Vol 3 No. 1 E-ISSN 2580-5118.
Priansa dan Wibowo. 2017. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Cetakan ke- 1. Bandung: Alfabeta, cv.
Rizky, YS., Dkk. 2015. Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek Dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu. Jurnal EMBA Volume 3 No. 2 ISSN 2303-1174.
Sangadji, E, M., & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta:
Septian, W., 2017. Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying Jurnal Valuta Volume 3 No. 2 ISSN 2502-1419