ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS MUARO BODI SIJUNJUNG

Authors

  • Salfadri
  • Yulistia
  • Vina Maura Oktaruni

Keywords:

kualitas pelayanan dan kepuasan pasien

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaannya wajib diselenggarakan oleh pemerintah sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H ayat (1). Puskesmas Muaro Bodi yang telah dilakukan oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dari Januari tahun 2016 dan masyarakat yang berobat yang tidak menggunakan kartu jaminan (BPJS) membayar karcis sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan di Puskesmas. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Muaro Bodi Sijunjung. Metode pengumpulan data adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Pada penelitian ini populasinya adalah mencakup seluruh pasien yang menjalankan pengobatan diPuskesmas Muaro Bodi Sijunjung sebanyak 35.924 orang pasien pada tahun 2018 dan sampel 100 orang. Hasil penelitian ditemukan kualitas pelayaan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Muaro Bodi Sijunjung.

References

Arafah. (2015). Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta. Bandung.
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.
Ayuningrum. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam Kota Magelang.
Azrul. (2016). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan (p. 99). Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Dewi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 535–544.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali. (2014). Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS. Universitas Diponegoro.
Hafizurrachman. (2014). Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Hasbi. (2012). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. EGC. Jakarta.
Hayati, K., Hakim, R. F., & E, M. J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Unit Radiologi Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Unsyiah. Cakradonya Dental Journal, 10(2), 78–85. https://doi.org/10.24815/cdj.v10i2.11705
Idris. (2016). Analisis Data Kuantitatif. UNP. Padang
Kosnan. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 21.
Kotler. (2015). Manajemen Pemasaran (E. 14 (ed.); Pearson Pretice Hall,
Kotler. (2016). Management, (15th. Edit). Pearson Pretice Hall, Inc.New Jersey.
Mauludin. (2010). Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Nasution. (2010). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia, Jakarta.
Natasja Hosang, Tumbel, A., & Moniharapon, S. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Siloam MANADO). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(01), 159–171.
Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan. Edisi 4 Salemba Medika. . Jakarta.
Oktaviani.J. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Pasean Pamekasan. Sereal Untuk, 51(1), 51.
Pohan. (2014). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC. Jakarta.
Pratiwi, S., & Susanto. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Sultan Immanudin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Jurnal Asosiasi Dosen Muhammadiyah Magister Administrasi Rumah Sakit, 2(2), 1–9.
Rangkuti. (2016). Persepktif Manajemen dan Pemasaran Konteporer. Edisi I. Andi.Yogyakarta.
Sari, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit “X.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(1), 151–158. https://doi.org/10.33475/jikmh.v6i1.71
Smallbusinessnotes. (2014). SmallbusinessnotesWhy WE Buy What buy?: a theory of consumption values. Rieneka Cipta.Jakarta.
Soewito. (2013). Teori Pemasaran. CV. Alfabeta. Jakarta.

Downloads

Published

2022-12-17

How to Cite

Salfadri, Yulistia, & Vina Maura Oktaruni. (2022). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS MUARO BODI SIJUNJUNG. Matua Jurnal, 4(4), 830–839. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/736

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.