FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PADA PDAM KOTA PADANG
Keywords:
harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, sarana dan prasarana, kepuasan pelanggan.Abstract
Pelanggan PDAM Kota Padang dari tahun ke tahun ada kecenderungan peningkatan sehingga PDAM Kota Padang terus mengupayakan memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada PDAM kota padang, faktor-faktor yang digunaka antara lain harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, sarana dan prasarana. Data penelitian dikumpukan melalui kuesioner yang diberikan kepada 100 responden yang merupakan pelanggan kelompok 2 PDAM Kota Padang yaitu rumah tangga 1, Rumah Tangga 2, Rumah Tangga 3 dan Rumah Tangga 4. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan variabel-variabel independen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen dengan nilai R2 adalah sebesar 49,4%. Hasil uji regresi secara parsial menunjukan bahwa harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, sarana dan prasarana berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kota Padang.
References
Daryanto dan Setyobudi, Ismanto . 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Gaya Media. Malang.
Istijanto, 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga. Jakarta
. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin Lance. 2012. Marketing Management 14 th edition. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan. Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Edisi pertama. Andi. Yogyakarta.
Somad, Rismi dan Priansa. 2014. Donni Juni. Manajemen Komunikasi, Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Syamsurizal. 2013.Pengantar Bisnis Satuan Kajian dan Implementasi. Lentera Ilmu Cendikia. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Managament,Mewujudkan Layanan Prima, Edisi 2. ANDI. Yogyakarta.
. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan Dan Penelitian. CV. ANDI Offset. Yogyakarta.
Kuncoro, Dian Juniarto. 2016. Studi Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan Penanganan Keluhan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Kota
Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik Volume 4, Nomor 2, Mei-Agustus 2016 ISSN 2303 - 341X
Maritha, Elifni. 2014. Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan di PT JNE Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 9 (2014).
Novita, Erika Dian dan Kamal, Mustafa. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Salwa House Kafe. Diponegoro Journal of Management Volume 2 Nomor 2 Hal 1-9.
Zakaria, Shandy Ibnu dan Astuti, Sri Rahayu Tri. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa
Transportasi. Diponegoro Journal Of Management, Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013, Halaman 1-8. ISSN (Online): 2337-3792.
Tim Redaksi. 2016. PDAM Padang tak Mampu Penuhi Kebutuhan Air Bersih. https://harianhaluan.com/news/detail/53469/pdam--padang-tak--mampu-penuhi-kebutuhan-air-bersih. harianhaluan.com. diunduh pada 1 Desember 2017.