PENGARUH LOKASI, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TEMPAT WISATA DI KOTA PADANG
Keywords:
lokasi, fasilitas, pelayanan dan keputusan memilihAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, fasilitas dan pelayanan baik parsial maupun simultan terhadap keputusan memilih tempat wisata di Kota Padang. Penelitian ini sendiri berupa deskriptif kuantitatif. Data penelitian didapatkan dari kuesioner, wawancara dan observasi langsung. Populasi dalam penelitian yaitu wisatawan yang menggunjungi beberapa tempat wisata di Kota Padang seperti Pantai Padang, Pantai Air Manis, Mesjid Raya Sumbar, Gunung Padang, Lubuk Minturun dan Museum Adityawarman. Sampel yang didapat dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 90 wisatawan. Analisis data yang dipakai yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih tempat wisata di Kota Padang. Tempat wisata memiliki akses dan pemandangan yang indah sehingga membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung (t hitung > t tabel atau 1,674 > 1,662 dan sign < 0,05), 2. Fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih tempat wisata di Kota Padang (t hitung < t tabel atau -0,074<1,662 dan sign>0,05), 3. Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih tempat wisata di Kota Padang. Pelayanan yang diberikan cukup memuaskan wisatawan yang berkunjung (t hitung > t tabel atau 4,699>1,662) dan lokasi, fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan memilih tempat wisata ( F hitung 9,020 dan sign < 0,05). Lokasi, fasilitas dan pelayanan mempengaruhi wisatawan jadi atau tidaknya berkunjung
References
Amirullah, 2012. Prilaku konsumen, Graha Ilmu, Yogyakarta
Arikutno, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Basu Swastha, T. Hani Handoko, 2010. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta
Fitzsimmons, 2012. Service Management International, Jakarta: Salemba Empat
Gamal Suwantoro 2014. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Ghazali, 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kanuk& Schiffman, 2011. Business Management. Bandung: Erlangga
Kotler &Amstrong, 2010. Manajemen Pemasaran Jilid 1 edisi ke-13. Jakarta: Erlangga
Kotler &Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Setiadi, Nugroho J, 2013. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana
Sinclair & Stabler, 2015. The economic of tourism, Routledge, London
Sri handayani, 2012. Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta
Sumayang, 2013.Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Salemba Empat
Tjiptono, Fandy 2012. Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia Publising
Agus Wahyudi Salasa, Ni Wayan Rustiarini, Ni Putu Nita Anggraini, 2016. Pengaruh lokasi, fasilitas dan pelayanan terhadap keputusan pembelian (studi pasar Seni Guwang Sukawati)
Aji Prasetyo, 2016, Faktor mempengaruhi keputusan wisata-wan dalam berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur, 11-15
Aprih, Santoso dan Sri Widowati, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian, 90-94
Ari Budi Sulistiono, 2010. Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan menginap (studi tamu hotel Srondol Indah
Andika, 2016. Upaya pengembangan wisata halal di Kota Jakarta
Asep Sukmo Raharjo, 2009. Pengaruh fasilitas, pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa internet
Dewandi, Yulizar, 2014. Pengaruh kualitas Pelayanan, Fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Emilia Palembang
Fanny Yolanda, 2015. Pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata
M. Anang Faizal, 2015. Analisa faktor-faktor mempengaruhi kunjugan wisatawan ke Pantai Kartini
M. Bayu Pratomo, 2016. Upaya pengembangan objek wisata di Kota Padang
Nanik Hariyana, 2016. Pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian, 15-20
Niko Saputra, 2017. Pengaruh daya tarik terhadap keputusan berkunjung di objek wisata Pantai Air Manis Padang
Nicklouse Christian Lempoy, 2015. Pengaruh Harga, lokasi dan fasilitas terhadap keputusan menggunakan jasa Taman Wisata Toar Lumimuut
N. Ariza eka, 2015. Analisa faktor-faktor yang mmepengaruhi pemilihan destinasi wisata bagi wisatawan domestik, 30-35
Rosita, Sri Marhanah, 2016. Pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta
Setyawati, 2016. Analisa perilaku konsumen dalam memilih tempat wisata, 30-32
Sudarwati, Eni Kustiyah, Atika Fikri Tsani 2017. Pengaruh lokasi, fasilitas dan pelayanan terhadap keputusan ber-kunjung di Taman Satwa Taru Jurug, 52-57
Siti Rahmah, Wahyu Sri Haryani, Teguh Satya, 2015. Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung pada Hairos Waterpark Medan
Yuliana Pinaringsih Kristiutami, 2017. Pengaruh keputusan berkunjung terhadap kepuasan wisatawan di Museum Geologi Bandung