PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN UNTUK BERWISATA DI PANTAI AIR MANIS PADANG
Keywords:
kualitas pelayanan, harga, lokasi dan promosi dan keputusan wisatawanAbstract
Abstrak
Pantai Air Manis Padangumumnya mempunyai potensi sumberdaya alam pesisir yang beragam dan melimpah, sehingga bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti tempat mencari ikan, pemukiman, dan tempat wisata atau rekreasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Untuk Berwisata Di Pantai Air Manis Padang. Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengunjung Pantai Air Manis Padang yang telah berkunjung di Pantai Air Manis Padang sebanyak 432.475 orang dan sampel sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan (1) variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan untuk berwisata di Pantai Air Manis Padang. (2) variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan untuk berwisata di Pantai Air Manis Padang, (3) variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan untuk berwisata di Pantai Air Manis Padang, (4) variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan untuk berwisata di Pantai Air Manis Padang dan (4) bersama-sama variabel kualitas pelayanan, harga, lokasi dan promosi pengaruhterhadap keputusan wisatawan untuk berwisata di Pantai Air Manis Padang
References
Adriansyah. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.CAPS. Yogjakarta
Arikunto. 2010. Metodelogi Penelitian. Jakarta.Rieneka Cipta
Arafah. 2014. Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung : Alfabeta.
Candra. 2011. Pemasaran Dasar. Salemba Empat. Jakarta.
Daryanto. 2015. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Saran Tutorial Nurani Sejahtera
Fuad. 2010. Pengantar Bisnis. Gramedia. Jakarta.
Gitosudarmo, Indriyo, 2010, Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan keenam, Penerbit : BPFE – Yogyakarta
Grewal & Levy, 2016. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Jaka Warsana, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Hamdani.2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba empat.
Hasan Ali, 2011, Marketing, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : MedPress, Yogyakarta.
Hafizurrachman. 2014. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta
Hasbi. 2012. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, EGC.Jakarta.
Hutomo. 2010. Bauran Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta
Hurriyati, Ratih.2010.Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:Alfabeta.
Idris. 2014. Analisis Data Kuantitatif. Prgoram Magister Manajemen UNP. Padang.
Jakfar, 2010. Delevering Quality Service Balancing Customer Perception and Expectation. Three Free Press. New York
Koeswordjati. 2010. Perilaku Konsumen Teori & Penerapannya Dalam Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Edisi Kedua belas, Cetakan Kedua. Penerbit Indeks.
__________. 2012. Principle of Marketing. Edisi 14 Pearson Prentice Hall , New Jersey.
Laksana,Fajar.2008.Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lupiyoadi, Hamdani. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Mangguluang, Agussalim. 2016. Metodologi Penelitian. Ekasakti Press. Universitas Ekasaksi Padang
Machfoed. 2010. Comparison of teacher stress and school climate across schools with different matric success rates. South African journal of ducation. 28. 155-173
Pohan. 2010. Jaminan Mutu LayananKesehatan. Jakarta: EGC.
Rangkuti. 2012. Persepktif Manajemen dan Pemasaran Konteporer. Edisi I. Yogyakarta. Andi.
Saladin, Djaslim.2013.Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya
Setiadi. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta : BPFE. Benjamin
Setiadi, Nugroho J. 2013. Konsep dan Impilikasi Untuk Strategi Penelitian Konsumen. Bogor : Kencana
Sumayang. 2013. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat
Sinaga. 2010. Perkembangan Pariwisata Nusantara. Bandung: CV. Alfabeta
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Sutojo. 2015. Analisis SWOT dalam Manajemen. Jakarta: PT Damar Mulia Pustaka.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra, 2011. Service, Quality & atisfaction.Penerbit Andi. Yogyakarta
Aminuddin Palippui. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pada Hotel Misiliana Di Toraja Utara
Belindri Oktaviani Wowor, 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Tupperware Di Bontang Selatan
Fardi, 2015. Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Loyalitas pelanggan pada Swalayan Okky Mart Padang
Gunawan, 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Restoran Happy Cow Steak
Haris Hermawan, 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember
I Ketut Aryanata. 2013. Formulasi Strategi Pemasaran Simpang Inn Hotel Kuta-Bali
Indriyani, 2013. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Kafe 7c0 Kota Pontianak
Jerry Yose. 2012. Analisis Strategi Pemasaran Jasa Sempur Park Hotel, Bogor
Muhammad Satrio Santoso, 2015.Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan yakult di Wonosobo
Mulia, R. A. (2019). Influence Of Public Policy, Participation Of Community And Education Level To Public Welfare In Padang Pariaman District. Jurnal EL-RIYASAH, 10(1), 37-56.
Mulia, R. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal EL-RIYASAH, 9(1), 7-21.
Mulia, R. A., & Saputra, N. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA PADANG. Jurnal EL-RIYASAH, 11(1), 67-84.
Mulia, R. A., & Fitri, A. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI PT. MEGA MEDICA PHARMACEUTICALS.
Mulia, R. A. (2019). PERANAN PROGRAM KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (KJKS BMT) DALAM PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA PADANG. Ensiklopedia Sosial Review, 1(3).
Mulia, R. A., Saputra, N., & Putri, R. P. (2020). Analysis Of The Effect Of Organizational Culture On Performance Of Employees (Case Study Of The Kominfo Office Of Pariaman City).
Putra, 2013. Analisis PengaruhLokasi, Harga Dan Kualitas Ayananterhadap LoyalitasPelanggan Di Toko Sari Kaligawe, Semarang
Sandy Marsono, 2015. Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan Pada pasar tradisional di kota surakarta
Sangkaraja Dengkeng, 2012.Pengaruh bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Pra Bayar Simpati Pada PT. Telkom di Makassar
Saputra, N., & Mulia, R. A. (2020). PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL SEKRETARIAT DAERAH KOTA PADANG. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(1), 1-24.
Saputra, N., & Mulia, R. A. (2020). Kontribusi Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam. Ensiklopedia Sosial Review, 2(1).
Saputra, N. (2020). The Effect Of Organizational Support On Work Satisfaction In Regional Secretariat Employees In Pariaman District. Ensiklopedia Sosial Review, 2(1).
Qilas, 2015.Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di PT. Gramedia Asri Media-Gramedia Expo Surabaya.