PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MINI MARKET WIRDA KOTA PADANG

Main Article Content

Maharesta Lutfhiana Nofindri
Agus Sutarjo
Rizka Hadya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh harga secara langsung terhadap loyalitas konsumen. 2) pengaruh lokasi secara langsung terhadap loyalitas konsumen. 3) pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variable intervening. 4) pengaruh lokasi terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variable intervening. 5) pengaruh kepuasan konsumen   secara langsung terhadap loyalitas konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan kuiesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah berbelanja di Mini Market Wirda Padang lebih dari 2 kali sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan program SPSS. Berdasarkan hasil uji hipotesis, disimpulkan bahwa 1) Harga berpengaruh signifikan secara langsung terhadap loyalitas konsumen. 2) Lokasi berpengaruh tapi tidak secara langsung terhadap loyalitas konsumen. 3) Harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen  sebagai variabel  intervening. 4) Lokasi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen. 5) Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan secara langsung terhadap loyalitas konsumen

Article Details

Section
Articles

References

Alma, Buchari. 2003). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivarial Dengan Program SPSS . Semarang: Universitas Diponegoro.
Griffin Jill. (2005). “Custumer Loyalty Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan”. Jakarta : Erlangga
Karomah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Rumah Makan Super Geprek Dinoyo Malang).
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2001). Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan. Yogyakarta: Gramedia Pustaka utama.
Kotler, Philip. & Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran (13th ed.). Jakarta : Salemba Empat
Nainggolan, (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Faktor Emosional Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi.
Rahmadani. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada UD EVA Group Mataram”.Journal Of Ilmiah,16 (1),123-135
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Susepti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Tamu Hotel (Studi tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi)
Suwarni dan Mayasari, Dwi Septina. (2011). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen.Jurnal Ekonomi Bisnis, Th.16, No. 1, Maret.
Tjiptono, Fandy. (2006). Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi.