PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN DAN NILAI PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA SWALAYAN GRAND CITRA LUBUK BUAYA KOTO TANGAH PADANG

Authors

  • Dia Dasriwahyuni
  • Tifani Ratu Firdaus

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang dominan pada variabel Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada Swalayan Grand Citra Lubuk Buaya Koto Tangah Padang baik secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket atau kuisioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada pengunjung Swalayan Grand Citra Lubuk Buaya Koto Tangah Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Nilai pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Swalayan Grand Citra Lubuk Buaya Koto Tangah Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung dari variabel Kualitas Pelayanan sebesar 2,335, Kepuasan Pelanggan sebesar 2,308 dan Nilai Pelanggan sebesar 4,270 lebih besar dari t tabel sebesar 1,989 atau dapat dilihat dari nilai signifikan varibel Kualitas Pelayanan sebesar 0,022, Kepuasan Pelanggan sebesar 0,023 dan Nilai Pelanggan sebesar 0,000 < 0,005. 3) Berdasarkan hasil uji F menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Nilai Pelanggan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Swalayan Grand Citra Lubuk Buaya Koto Tangah Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji F, dimana F hitung sebesar 32,924 lebih besar dari F tabel sebesar 2,70 dan nilai sig perhitungan yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05.

References

Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Ardhana, Oldy. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Caesar Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyanto dan Yunus. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Surabaya : STIESIA.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasran : Sari Kuliah, Cetakan I, dan Satu Nusa, Bandung.
Daryanto dan Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta, Gava Media.
Dewi, N. K. 2011. Hubungan Celebrity Endurser Dengan Loyality Konsumen Pengguna Honda Variod di IAIN Sunan Ampel. Surabaya: Unversitas Erlangga.
Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.
Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 20 (edisi kelima) Semarang: Universitas Diponegoro.
Goetsch & Davis. 2013. Quality Management, Fourth Edition. Cram101 Incorporated.
Gronroos, C. 2011. Service Management And Marketing : A Customer Relationship Management Approach (2nd ed). Chichester : Jhon Wiley and Son,Ltd.
Grifin, Jill. 2010. Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.
Irawan, Handi, 2013, Tabloid Marketing. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan Jilid 2, Edisi 13,Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Lamb, Hair and Mcdaniel. 2012. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta ; Salemba Empat.
Lukman dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Interving Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Semarang : Universitas Pandanaran.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta:Salemba.
Ma’aruf Hendri. 2011. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mardika, Woro dan Naili Farida. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Nurhayati, Risky. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Yogyakarta : UPN.
Nasution, M.N., 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Edisi Keempat. Ghalia Indonesia, Bogor.
Natalia, L. 2011. Analisis Fakor Persepsi Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Pada Giant Hypermarket Bekasi. Jakarta : Universitas Gunadarma.
Nazir, Moh. 2011. Motde Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.
Ningrum, Okqi. 2016. Pengaruh Harga, Lokasi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Angkringan Kang Harjo. Yogyakarta : Universita PGRI.
Parasuraman , ET AL. 2012. Pelayanan Pelanggan yang Sempurna. Kunci ilmu. Yogyakarta.
Rambat, Lupiyoadi dan A. Hamdani., 2011, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi. 2, Jakarta: Salemba Empat.
Ratih Hurriyati 2014. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.
Ratno Suprapto, 2012. Integrated Marketing Communication, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Shinta Agustina. 2011. Prilaku Konsumen dan Afeksi Konsumen. Jakarta : Universitas Brawijaya.
Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Andy, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET.
Tandjung. (2012) Marketing Management. Malang : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan.
Vanessa, Gaffar. 2011. Customer Relationship Management And Marketing Public Relations. Bandung : Alfabeta.
Zeithaml, V.A.,M.J. Bitner, D.D Gremler. 2013. Service Marketing : Intergrating Customer Focus Across Firm 6th ed. Mc. Graw-Hill. Boston.
Zikmund, William G. et al. (2013). Business Reseacrh Methods (eighth edition) : South Western, USA : Cengage Learning.
Wibowo Youngki Tri. (2013). Pengaruh Keramahan Karyawan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. South Western. Semarang : Universitas Diponegoro.
Candra Adi Susilo, 2009. Analisis Pengaruh Citra, Nilai, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Buku Gramedia Pandanaran Semarang). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.
Dinar Ika Pratiwi, 2010. Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas Produk, Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Flash Unlimited Di Semarang. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang.
Dulkhatif. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penyedia Jasa Internet Study PT Noken Mulia Tama Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unpand Semarang. Journal Of Management, Volume 2 No.2.
Faiz Hanifudin. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Ayam Geprek Djogjakarto. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang. Journal of Management. ISSN : 2502-7689.
M. Istafau Maulana, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bus PO. Nusantara Solo-Jakarta). Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 3, No.1: 1-22.
Nurullah Hidayaningtyas, 2013. Pengaruh citra, kualitas layanan dan kepuasan terhadap loyalitas pasien di poliknik eksekutif Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, Vol.12 2015. ISSN 2459-9816.
Okki Lutfi Kurniawan, 2010. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada perusahaan Otobus Raya). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 2, No. 2.
Oldy Ardhana, 2015. Pengaruh Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Bengkel Caesar Semarang). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Universitas Diponegoro, Semarang.
Richa Widyaningtyas, 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Serta Dampaknya pada Kepuasaan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Harina (Studi Pada PT Kereta Api Indonesia Daop IV Semarang). Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang.
Richie Wungow, 2013. Kualitas Layanan Citra, Nilai dan Kepauasan pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Rock Rand Manado. Universitas SAM Ratulangi Indonesia, Jurnal Emba, Vol.1, No.3 Hal 1-109.
Rifqi Purwo Adi, 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Intervening Junral Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Journal Of Management, Vol.2, No.2.
Samsul Arifin, 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Sukma Ayu Cendekia, 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel di Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya.
Sasongko Jati Kumoro, 2010. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Reputasi Perusahaan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Otobus Raya). Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang.
Ubaidillah Al Ahror, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Milkmoo. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 3.

Downloads

Published

2020-07-06

How to Cite

Dia Dasriwahyuni, & Tifani Ratu Firdaus. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN DAN NILAI PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA SWALAYAN GRAND CITRA LUBUK BUAYA KOTO TANGAH PADANG. Matua Jurnal, 2(1), 63–80. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/31

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.