PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (INDEPENDEN BUSINESS OWNER) PADA PERUSAHAAN NETWORT MARKETING TIENS SYARIAH

STUDI KASUS PADA INDEPENDEN BUSINES OWNER YANG TERDAFTAR DI STOKIS 812 TIENS SYARIAH PADANG

Authors

  • Muhammad Arif Wirti
  • Bakkareng Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti
  • Rizka Hadya Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti

Keywords:

loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan, dan harga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indikator Kualitas Pelayanan, Harga, dan Loyalitas Pelanggan (independen business owner) Tiens Syariah, untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (independen business owner) Tiens Syariah, untuk menguji dan menganalisis pengaruh Harga terhadap Loyalitas Pelanggan (independen business owner) Tiens Syariah, serta untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh Persial dan Simultan terhadap Loyalitas Pelanggan (independen business owner) Tiens Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan (independen business owner) yang bergabung di Tiens Syariah di stokis 812 Tiens Syariah Padang. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling yaitu teknik sistematik sampling yang menggunakan pertimbangan bahwa responden minimal menempuh jenjang pendidikan SMA dan sudah lama bergabung di Tiens Syariah minimal 1 tahun, sehingga ditentukan jumlah sampel sebanyak 52 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Independen Business Owner) Tiens Syariah, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Independen Business Owner) Tiens Syariah, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan dan Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Independen Business Owner) Tiens Syariah.

References

Agus Catur Priyanto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Usaha Isi Ulang Air Minum UD. Elangku di Desa Bangurejo Tenggarong Seberang. Kutai Kartanegara : Universitas Mulawarman. Vol. 6 No. 3 Tahun 2018 (1011-1022). ISSN : 2355-5408
Albert NichoF. T. 2016. Perlindungan Hak-Hak Pekerja Tenaga Pemasaran dalam Kegiatan Bisnis Multi Lever Marketing (MLM) Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketatanegaraan. Diponegoro : Univesitas Diponegoro. Vol: 5 No 4 Tahun 2016 (1-15)
Armstrong, Kotler (2015), Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition , England : Pearson Education, Inc.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Devi Purnamasari. 2014. Pengaruh Persepsi Downline tentang Kualitas Jasa Upline pada Multi Level Marketing Tianshi Terhadap Loyalitas Downline di Malang. Semarang : Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Vol. 4 No. 2 Agustus 2013 - Januari 2014 (149-163). ISSN : 2087-2461
Edda Christy Koes Novertize, Imroatul Khasanah. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepercayaan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel Las Sinar Baru di Jepara. Diponegoro : Universitas Diponegoro. Vol. 5 No. 2 Tahun 2016 (1-13). e-ISSN : 2337-3792
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Idris, M. H. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini melalui Dongeng. Jakarta:Luxima
I Gede Mingga Suarmita, Tjok Gde Raka Sukawati. 2019. Peran Kepercayaan dalam Memediasi Keputusan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Hijau Meret Herbalife. Bali : Universitas Udayana. Vol. 8 No. 3 Tahun 2019 (1285-1314).
Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Kotler Phillip, Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management 14th edition. Jakarta:PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Marco Berlian, Agustinus Widyartono, 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Variabel Mediasi Kepuasan Pelanggan pada Produk HAndphone Samsung di Palembang. Palembang : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi. Vol. 12 No. 1 Maret 2014 (1-25)
Melysa Elisabehh Pongoh. 2013. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado. Manado : Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol. 1 No. 4 Desember 2013 (86-94). ISSN : 2303-1174
Nurafrina Siregar, S.E.,M.Si., Hakim Fadillah, SE. 2017. Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Medan : Universitas Pembangunan Panca Budi. Vol: 8 No. 2 Desember 2017 (87-96). ISSN: 2088-3145
Nila Aprila. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Rama pada PT. Ranam Mahakam Indonesia di Samarinda. Samarinda : Univesitas Mulawarman. Vol. 6 No. 2 Tahun 2018 (818-830). ISSN : 2355-5408
Rachmad Hidayat. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Bank Mandiri. Madura : Universitas Trunojono Madura. Vol. 11 No. 1 Maret 2009 (59-72)
Rismatul Karomah, Rois Arifin, M. Hufron, 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadapLoyalitas Pelanggan melalui Kepuasan sebagai Variabel Interveng (Studi Kasus Konsumen Rumah Makan Super Geprek Dinoyo Malang. Malang : Fakultas Ekonomi Unisma
Ruly Frans Pardede, Hamdy Hadi. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Merek, dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok. Jayabaya : Universitas Jayabaya, Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Vol. 9 No. 1 Mei - Oktober 2015 (21-30).
ISSN : 1907-4832
Sitepu, B.P., 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Rajawali Press
Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung:ALFABETA)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Suhardiman Izini, 2018. Tinjauan Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 75/DSN-MUI/VII/2009 Terhadap Penjualan Langsung Berjenjang Syariah di Tiens Syariah. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Jes Vol: 3 No 1 September 2018 (34-43)
Tika Hapsahroni Panjaitan, 2016. Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PT. Millenium Pharmacon Internasional tbk Branch Bandung). Bangdung : Universitas Telkom. Vol: 2 No 2 Agustus 2016(448-457). ISSN: 2442-5826
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012) Pemasaran Strategik, Edisi 2. Yogyakarta: C. V Andi Offset.
Tommy, Rina Adi Kristianti. 2018. Pengaruh Kepuasan Konsumen, Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Loyalitas Merek Alat Angkat (Crane) XYZ PT. ABC. Jakarta : Universitas Tarumanagara. ISSN : 2541-3406. e-ISSN : 2541-285x

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Muhammad Arif Wirti, Bakkareng, & Rizka Hadya. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (INDEPENDEN BUSINESS OWNER) PADA PERUSAHAAN NETWORT MARKETING TIENS SYARIAH : STUDI KASUS PADA INDEPENDEN BUSINES OWNER YANG TERDAFTAR DI STOKIS 812 TIENS SYARIAH PADANG. Matua Jurnal, 3(2), 315–330. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/330

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.