Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Pizza Hut Ahmad Yani Kota Padang

Authors

  • Anggun Chania Angelina Universitas Ekasakti
  • Agussalim Manguluang Universitas Ekasakti
  • Sunreni Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v3i4.1345

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi indikator yang paling dominan dari variabel kualitas pelayanan, lokasi, dan kepuasan pelanggan pada restoran Pizza Hut cabang Ahmad Yani, Padang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap tingkat kepuasan pelanggan di restoran tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan serta telaah pustaka. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh pelanggan Pizza Hut Ahmad Yani Padang yang berjumlah 40.088 orang, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden melalui teknik total sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F. Adapun hasil penelitian menyatakan hal-hal berikut: (1) Kualitas pelayanan (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) di Pizza Hut Ahmad Yani Padang. (2) Lokasi (X2) juga terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). (3) Secara simultan, kualitas pelayanan (X1) dan lokasi (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Kedua variabel independen tersebut mampu menjelaskan variasi pada variabel kepuasan pelanggan (Y) senilai 15,4%, selebihnya, yaitu 84,6%, dipengaruhi oleh faktor eksternal yang tidak dikaji dalam  penelitian ini.

References

Ansari, Dedy Harahap, 2015, Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (Pajus) Medan, Jurnal Keuangan dan Bisnis, 2, no. 3..

Arief, Muhtosim, 2010, Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan, Malang: Bayumedia Publishing.

Daga, rosnaini, 2017, Citra kualitas produk dan kepuasan pelanggan,Sulawesi selatan: global research and consulting institute, cet pertama.

Dilla, Isti, Noor, Tanty Sondari, 2018, Pengaruh Pelayanan Prima dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen, jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 3 no 2.

Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra,2001, Service Quality And Satisfaction,Yogyakarta: Andi.

Hermanto, 2019, Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Surabaya: CV Jakad Publishing.

Indrasari, Meithiana, 2019, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Irawan H, 2019, Indonesian Customer Satisfaction Indeks, Jakarta: Elex Media Computindo.

Johny, Urbanus, Lesnussa, 2023, Pengaruh Sikap dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis, vol. 4.

Kotler, P. dan G. A, 2015, Principles of Marketing , New Jersey: Pearson.

Kotler, P. dan K. L. K, 2018, Marketing Management Edisi, New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lupiyoadi, Hamdani, 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Buku Gramedia Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 6 No 2.

Muham Ikhsan Harapan, Ahmad Zikri, 2022, Analisis Kualitas Pelayanan Pengriman Barang Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (persero) Regional 1 Sumatera, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, vol. 2

Rizky, Fadila, 2021, Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warung Bakso Mekar Asih Desa Binjai Baru Kabupate Batu Bata, Jurnal Manajemen Ekonomi Sains (MES); Vol 2 No 2

Downloads

Published

2025-11-22

How to Cite

Angelina, A. C., Manguluang, A., & Sunreni. (2025). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Pizza Hut Ahmad Yani Kota Padang. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 3(4), 469–476. https://doi.org/10.31933/emjm.v3i4.1345