PENGARUH CELEBRITY ENDOSER DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS EKASAKTI PADANG MELALUI MEDIA IKLAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Eldiah Maulina
  • Sunreni

Keywords:

Selebrity Endoser, Gaya Hidup, Media Iklan, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  terdapat pengaruh selebrity endoser, gaya hidup, dan media iklan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Mahasiswa Falkultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan angket, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada pengguna Smartphone Samsung pada Mahasiswa Falkultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) Berdasarkan uji t diketahui variabel Selebrity Endoser, Gaya Hidup, dan Media Iklan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai sig lebih kecil dari probabilitas. 2) Berdasarkan uji F diketahui variabel Selebrity Endoser, Gaya Hidup, dan Media Iklan secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel dan nilai sig lebih kecil dari probabilitas. 3) Berdasarkan pengujian analisis jalur diketahui variabel Selebrity Endoser dan Gaya hidup secara langsung dan tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Media Iklan. 4) Hasil analisis determinasi diperoleh angka Adjusted R Square sebesar 0,361 atau sebesar 36,1%. Hal ini menunjukan persentase sumbangan variabel Selebrity Endoser, Gaya Hidup dan Media Iklan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 36,1% dan sisanya dipengaruhi varibel diluar penelitian.

References

Agussalim Manguluang, 2015. StatistikLanjutan, Ekasakti Press, Padang
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Belch, George E & Michael A. Belch, 2015. Advertesing and promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 10th Edition, McGraw Hill, New York.
Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo, 2015, Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketujuh, Yogyakarta: Liberty
Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. 23. Edisi 8, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Henry Simamora. 2011. Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jilid 1 edisi 5 Salemba Empat. Jakarta
Jewler, D, 2012. Creative In Advertesing, (10th), Thompson Work Worth. USA.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Mowen dan Minor, 2016, Perilaku Konsumen, Jilid 1, Edisi 8 (terjemahan), Erlangga, Jakarta
Moh. Nazir. Ph.D. 2016, “Metode Penelitian”. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nugroho, J. S. 2016. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan. Penelitian Pemasaran. Jilid 1 Edisi ketujuh. Prenada Media, Jakarta.
Solomon, Michel R. 2015. Cunsumer Behavior: buying having and being Edition11th. New Jersey, USA: Pearson Prentice Hall
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Ahmad Roza’in. 2017. Pengaruh Celebrity Endorser, Gaya Hidup, Dan Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Smartfren Andromax Di Kota Kediri. Slimki-Economic Vol.1 No. 5
Baskorondaru Murti, 2017. Analisis Pengaruh Iklan dan Celebrity Endoser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minta Beli Pada Produk Sepatu Olah Raga Adidas.
Darmansyah, dkk 2014. pengaruh selebrity endoser terhadap keputusan pembelian produk diindonesia (penelitian online). Jurnal aplikasi manajemen volume 12, nomor 2, juni 2014. Fakultas Ekonomi manajemen Universitas Bengkulu.
Dinny Puspita Sari, 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Ayu Ting Ting Dalam Iklan Televisi Terhadap Brand Image Produk Mie Sarimi. STIE MDP
Eka Lapera, 2015. Pengaruh Iklan Produk, Gaya hidup, Celebrity Endoser, dan Pesan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasusn Pada Produk Pelembab Pond’s Versi Gita Gutawa). Falkultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.
Ilham Taufikurrahman, 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Clothing Wadezig. Fakultas Bisnis Dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung.
Ivana Chaterina, 2016. Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E’chick. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 3, Agustus 2016
Mutoharoh, 2015. Pengaruh Iklan Televisi, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Kesehatan “Dettol” Di Swalayan Ada Setiabudi Semarang. Universitas Pandanaran Volume 1 No 1.
Muly Kata Sebayang dan Simon Darman O. Siahaan, 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio Pada Mio Automatik Club (Mac) Medan.
Nur Rahmawati, 2017. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endoser Dalam Iklan Sabun Mandi LUX Terhadap Perilaku Konsumen Di Kelurahan Sungai Damasamarinda.
Prima Any Harjanti, 2015. Pengaruh Penggunaan Selebriti Endorser Dalam Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rio Permana Putra, 2016. Pengaruh Media Iklan, Gaya Hidup, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kostum Bola Secara Online Di Kota Padang. Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta.
Selfi Stefani, 2016. Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Berlabel Halal “Wardah” (Studi Kasus Pada Mahasiswi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).
Octaviani Palantupen. 2015. Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo (Studi Kasus Pada Masyarakat Tanah Baru Depok). Universitas Gunadarma.
Valentine Parengkuan, Altje Tumbe, Rudy Wenas. 2016. Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders Di 24 Mart Manado.
Yuri Ardiyanto ,2016. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Association Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear Men. (Studi Kasus Iklan Shampoo Clear Men Versi Cristiano Ronaldo Tahun 2016 Pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal manajemen Vol 1 No 6. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sola, A.O. 2016. ”The Impact of Celebrity Endorsement on Strategic Brand Management”. International Journal of Business and Social Science 3/6.
Press, Gil. 2017. Gartner Predicts Top 2017 and Beyond Trend for Technology, IT Organization, and Consumers. https://www.forbes.com/sites/gilpress/2014/10/09/gartner-predicts-toptrends-for-technology-it-organizations-and-consumers-for-2015-andbeyond/#31a27ff010d2.
Indext Custumer, 2013. Vendors' market share of smartphone shipments in Indonesia. www.statista.com
António Filipe Esteves Miguel de Carvalho, 2016. The Effects Of Celebrity Endorsement On Consumers Purchasing Intentions. ISCTE Business School.
Rizwan Raheem Ahmed, 2015. Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Buying Behavior. Indus University, Karachi, PAKISTAN. SSRN Electronic Journal.

Downloads

Published

2020-09-10