PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK POMADE GATSBY

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unes Padang TA. 2017-2018)

Authors

  • Rudi Yuli Agus Pingki mj
  • Yulistia

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pomade Gatsby . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan angket, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada mahasiswa fakultas ekonomi Unes-AAI Ta.2017-2018 yang memakai produk pomade Gatsby. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) Berdasarkan uji t diketahui variabel Kualitas Produk, Harga, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai sig lebih kecil dari probabilitas. 2) Berdasarkan uji F diketahui variabel Kualitas Produk, Harga, dan Promosi secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel dan nilai sig lebih kecil dari probabilitas. 3) Hasil analisis determinasi diperoleh angka Adjusted R Square sebesar 0,624. Hal ini menunjukan persentase kemampuan variabel Kualitas Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian, dalam menjelaskan varians dari variabel Keputusan Pembelian adalah sebesar 59,8%. Sedangkan sisanya sebesar 40,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti merek, tempat dll.

References

Kotler, Philip, & Gary Amstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey : Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary.(2012). Prinsip – Prinsip Pemasaran. (Alih bahasa Bob Sabran).Jilid 1.Edisi kedua belas.Jakarta :Erlangga.
Kotler, Philip. Keller, K Lane, (2009).Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 dan 2.Jakarta :Erlangga.
Setiadi, Nugroho.(2010). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta :KencanaPrenada Media.
Heryanto, Imam. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 9, No. 2, Hal 80-101.
Baedowi, Mohammad Maftuh., Eisha Lataruva (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, kesesuain harga dan intensitas promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada merek rokok Djarum Super. Diponegoro Journal of Management, Vol. 1, No. 1, Hal 254-261.
Suryadi, Didih. (2011). Promosi Efektif “Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan”.Jakarta : PT. SukaBuku.
Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service). Yogyakarta.
Mullins, Jhon W & Walker Jr, Orville C. (2013). Marketing Management A Strategic Decision-Making Approach (8th Edition). Singapore: McGraw-Hill Education.
Djaslim Saladin, 2011, Inti Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran , cetakan keempat, Linda Karya, Bandung
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Daryanto, 2011. Manajemen Pemasaran, Cetakan 1, PT Sarana Tutorian Nurani Sejahtera, Bandung.
Kuncoro, Mudrajad. 2010. Dasar-dasar Ekonomika Pembangunan, UPP STIM YKPN Yogyakarta.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Winardi. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, (2012) Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.
Wijaya,Tony. (2013).MetodologiPenelitianEkonomidanBisnis, Yogyakarta, GrahaIlmu.
Sangadji, Etta Mamang, Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung :Alfabeta.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung :Alfabeta.
Agnes Ligia Pratisitia Walukow, Lisbeth Mananeke, Jantje Sepang (2014) Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di MINAHASA
Asih Purwanto (2008) Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio pada masyarakat diwilayah Surakarta
Dr. Beby Karina Fawzeea, SE. MM (2010) Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan
Erika Putri Pratiwi (2010)Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Yamaha Jupiter-Z.(Pada Dealer Yamaha Flag Ship Shop Pemuda Semarang
Jessica J. Lenzun,JamesD.D. Massie, Decky Adare (2014)Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar TELKOMSEL
Krystia Tambunan (2012) Analisis pengaruh citra merek, persepsi kualitas, dan harga terhadap keputusan pembelian Bandeng Resto (Studi kasus pada konsumen di Bandeng Resto Semarang)
Ika Putri Iswayanti (2010 Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian” (Studi pada Rumah Makan “Soto Angkring Mas Boed” di Semarang)
Imam Heryanto (2015) Analisis pengaruh produk,harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya terhadap kepuasan pelanggan
LidyaMongi, Lisbeth Mananeke, Agusta Repi (2013)Kualitas produk, strategi promosi dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kartu simpati telkomsel di kota Manado
Meigy A.D, Silvya Mandey, Djurwaty Soepeno (2014)Kualitas produk, strategi harga, promosi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian motor HONDA
M.Maftuh Baedow, Eisha Lataruva(2012)Analisis pengaruh kualitas produk, kesesuaian harga dan intensitas promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada merek rokok DJARUM SUPER
Mohammad Iqbal (2012) Pengaruh Persepsi Nilai, Harapan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen pada Penyedia Jasa Internet di Jabodetabek
Muhammad Furyabi (2014 Brand Name , Sales Promotion and Consumer’ Online Purchase Intention For Cell-phone Brands.
Rendy Gulla, Sem George Oroh, Ferdy Roring (2015)Analisis harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel MANADO GRACE INN
Yeni Purwana (2009)Pengaruh Produk, Harga dan faktor Emosional Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Sabun Lux Cair (Studi Kasus Mahasiswi Manajemen Fakultas Ekonomi USU)

Downloads

Published

2020-09-10