PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA DI PADANG (Studi Kasus Pada PT. Intercom Mobilindo Purus)
Keywords:
Keputusan Pembelian, Budaya, Sosial, Pribadi, PsikologisAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Intercom Mobilindo yang terletak di Jl.Purus II No 8 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan 4 variabel independen yaitu budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3), psikologi (X4) dan keputusan pembelian sebagai variabel dependennya (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jumlah sampel pada penelitian ini 96 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan teknik Non Probability sampling dengan tipe purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang artinya setiap pembeli mobil Toyota mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel yang selanjutnya dijadikan responden. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari buku-buku yang memuat teori, internet dan sumber data lainnya yang dapat dipercaya. Data yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan analisis berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan uji f dan uji T dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 22.0
References
Assuari Sofyan, 2010. Manajemen Pemasaran Dasar. Konsep dan Strategi PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Ariikunto, 2008. Metodologi Penelitian untuk bisnis, buku 1 edisi 4. Jakarta : Bumi Aksara.
Daryanto, 2011. Media Pembelajaran, Sarana Tutorial Sejahtera. Jakarta.
Dharmmesta, 2013. Basu Swasta dan Hani Handoko. ManajemenPemasaran Analisis Prilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta.
Duwi Priyatno, 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS Dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media, Yogyakarta.
Febriyanti, 2013. Analisis Prilaku Konsumen, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Ghozali, Imam. 2008. Aplikasi analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hoyer dan macinis, 2010. Consumer behavior, South-Western Cengage Learning.
Hsu & Chang, 2008. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat. Chang, Hsu-Ling. dkk.
Hawkis dan Coney 2009, Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Andi Offset. Yogyakarta.
Husein Umar, 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Rajafindo Persada
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller Kevin Lane, 2012, Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Amstrong, 2010, Prinsip-prinsip manajemen, Edisi 13 jilid 1, Alih Bahasa, ( Erlangga : Jakarta )
McKechnie, 2012. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Andi Offset. Yogyakarta.
Peter dan Olson, 2010. Consumer Behavior & Marketing Strategy, Ninth Edition.
Priyanto, 2009. Mandiri Belajar SPSS, Jakarta : Salemba Medika.
Read dan Van Leeuwen 2010. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Andi Offset. Yogyakarta.
Riduan, 2010. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung : Dewa Ruci.
Swastha, Basu & Handoko, Hani. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen Yogyakarta. BPFE.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis, edisi kelima, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta.
Sunyono, 2013. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta : BPFE UGM.
Sweeney, 2010. Cognitive Dissonance After Purchase : A Multidimensional scale. Journal of Psychology & Marketing.
Setiadi, 2008. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Andi Offset. Yogyakarta.
Subagyo, 2010. Marketing in Bussiness, Jakarta : MitraWacana Media.
Sangadji dan sopiah, 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Andi Offset. Yogyakarta.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Prilaku Konsumen, PT Indeks. Jakarta.
Sunyoto, 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. CAPS Yogyakarta.
Sanusi Anwar, 2011. Metodologi Penelitian Bisnis, Salemba Empat. Jakarta.
Wibowo, 2011. Manajemen kinerja. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
http://www.pendidikanekonomi.com/2012/10/pengertian-keputusan-pembelian konsumen.html