PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK PADA TOKO KHANZA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG
Keywords:
Citra Merek, Kualitas Produk, dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian kosmetik pada took khanza kecamatan koto tangah kota padang. Dengan citra merek, kualitas produk sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli kosmetik pada took khanza kecamatan koto tangah kota padang yang berjumlah 2.562 orang. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji instrument, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek memiliki t hitung 2.554 > t tabel 1,661 (sig. 0,581 < 0,05), variabel kualitas produk memiliki t hitung 7.488 > t tabel 1,661 (sig. 0,581 < 0,05), dan seluruh variabel serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik pada toko khanza kecamatan koto tangah kota padang dengan F-hitung 227.281 > F tabel 3,94 ( sig. 0,000 < 0,05).
References
Agus Sriyanto. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Danone Jakarta.Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 5 no 2 Oktober 2016, Hal 19-25.
Alamsyah, Doni Purnama. 2015. Telaah Persepsi Kualitas dan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Sayuran Organik.Jurnal Ekono Insentif Kopwil4, Volume 9 No 1, Hal 38-43.
Assauri, Sotjan. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Buchari Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Danang Sunyoto.2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Daniel Adhi Satria. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Porkball.Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol 2 No 3 Agustus 2017 Hal 399-408.
Dedhy Pradana. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek (brand image) terhadap keputusan pembelian motor. Jurnal Kinerja Vol 14 No1 Tahun 2017 Hal 16-23.
Freddy Rangkuti. 2013. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universita Diponegoro.
Mohamad Rizan. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie dan Mie Sedaap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol 6 No 1 Tahun 2015 Hal 457-478.
Ismail Solihin. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta:Erlangga.
Jogiyanto Hartono. 2012. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kedelapan. BPFE: Yogyakarta.
Kotler, Keller. 2016. Marketing Management. 15e, Boston, Person Education.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Mowen dan Minor. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Macananan Jaya Cemerlang.
Ni Putu Novia Karlina. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. E- jurnal Manajemen Unud Vol 4 No 6 tahun 2015 Hal 1610-1623.
Nofita Sumpu. 2018.Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Samratulangi Manado Angkatan 2016). Jurnal Emba Vol 6 No 4 September 2018 Hal 2528-2537.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suri Amilia. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 1 Mei 2017 Hal 660-669.
Swastha, Basu, dan Ibnu Sukotjo W. 2012. Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Liberty. Yogyakarta.
Temporal, Paul, dan Lee, KC. 2012. Hi-Tech Hi-Touch Branding, Terjemahan Anastasia. Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.
V.Wirantna Sujarweni. 2014. SPSS. Pustaka Baru Press.(Hal-193).Yogyakarta.
Wahyu Eko Setianingsih. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call OF Papers. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember Hal 252-261.
Yoga Baskara.2017.Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Volkswagen Golf (Studi Kasus Komunitas Nuvolks Jakarta). Jurnal e-Proceeding Of Management Vol 4 No 2 Agustus 2017 Hal 1264-1270.