PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OPPO

(Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Ekasakti Padang)

Authors

  • Firman Doni
  • Agus Sutardjo
  • Tifani Ratu Firdaus

Keywords:

Desain Produk, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Abstract

Berbagai macam Handphone beredar di pasar, membuat para konsumen lebih teliti dalam memilih Handphone yang disukainya. Sekarang ini alat komunikasi sangatlah penting apalagi di zaman modern saat ini. Seiring dengan kemajuan pesat dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Oppo (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Ekasakti Padang). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu angket atau kuisioner dengan menyebarkan daftar pernyataan kepada responden yang dijadikan sampel penelitian. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen, Akuntansi dan DII Mik, fakultas Ekonomi di Universitas Eka Sakti Padang yaitu berjumlah 898 dan sampel 277 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan ada pengaruh desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang baik secara parsial maupun simultan.

References

Armstrong. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Keenam. Jakarta: Terjemahan Wilhelmus W Bakowaton, Intermedia.
Aryani, D. W. 2013. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif. Proyek Peningkatan Penelitian Pendidikan Tinggi Direktoran Jendral Pendidikan Tinggi. Depdiknas
Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Edisi Revisi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Asshiddieq. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Enrico. 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi OFFSET.
John Echols. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Keenam. Jakarta: Terjemahan Wilhelmus W Bakowaton, Intermedia
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran Edisi 15 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Lijan. 2014. Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Maslikha, Lilik. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Scoopy F1 di Kediri. BIMA: Journal of Business and Innovation Management. 1(3), hal 318-328
Nazir. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Orville. 2014. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Edisi Revisi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, terj. Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks
Pradana, Adhitya, 2010. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas, Produk, Desain Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil, Toyota, Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Suparni, Endang. 2020. Strategi Pemasaran Majalah Tempo pada Pt. Tempo Inti Media Tbk. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika. 2(1), hal 62-69.
Usulu, Ichtiar Dwicahya; Tumbel, Altje L. 2019. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Double O Karaoke Manado. Jurnal EMBA. 7(4), Hal. 5793-5801

Downloads

Published

2021-12-21