Pengaruh Stres Kerja dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Arta Boga Cemerlang Padang

Authors

  • Maria Ekaristiyani Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Novi Yanti Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v2i3.1112

Keywords:

Stres Kerja, Kecerdasan Emosional, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah stress kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Arta Boga Cemerlang Padang. Untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Arta Boga Cemerlang Padang serta untuk mengetahui apakah stres kerja dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Arta Boga Cemerlang Padang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Teknik penelitian data yang digunakan adalah Pengamatan, Wawancara dan Kusioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dikuantitatifkan dan data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini 35 orang dengan sampel 35 orang menggunakan teknik Total Sampling. Metode analisis data yaitu Analisis Regresi Linear Berganda dan Koefisien Determinan sedangkan metode pengujian hipotesis adalah Uji t dan Uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa(1) Stres Kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Arta Boga Cemerlang Padang. (2) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kinerja Karyawan PT. Arta Boga Cemerlang Padang. (3) Stres Kerja dan Kecerdasan Emosional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Arta Boga Cemerlang Padang. Hal ini berarti besarnya kontribusi Stres Kerja dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan adalah 81,9% sedangkan sisanya 18,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti lingkungan kerja, kepemimpinan, hubungan kerja dan gaji.

References

Arfani, M. R., & Luturlean, B. (2018). Pengaruh stres kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Sucofindo cabang Bandung. 5(2), 2770–2785.

Ghozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara. (2013). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad Rasyid Abdillah, Adi Rahmat (2017). Kecerdasan Emosional Dan Dampaknya Terhadap Stres Kerja Dan Kinerja Karyawan.

Ningrum, R. K. (2021). Pengaruh Kemampuan Kerja, Pengalaman Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bina Lintas Usaha Ekonomi Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Siregar, H., & Septayuda, I. (2016). Pengaruh Diklat Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Perum Bulog Sumsel Babel.

Muhammad Rasyid Abdillah, Adi Rahmat (2017) Kecerdasan Emosional Dan Dampaknya Terhadap Stres Kerja Dan Kinerja Karyawan PT. Adei Plantation & Industry Head Office Pekanbaru Riau.

Handayani, S., & Daulay, R. (2021,June). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. In Seminar Nasional Teknologi Edukas Sosia dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 547-551).

Harahap, M. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Perdagangan Kota Medan (Doctoral dissertation, UMSU).

Suganda, U. K., & Andi, D. H. The Effect Of Motivation And Work Discipline On Employee Performance. Turkish Journal Of Physiotherapy And Rehabilitation, 32,3.

Putra, A., Prihatini, D., & Priyono, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Busana Roxy Square Mall Jember Dengan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 19(1), 15-29.

Febriansyah, Pranada (2021). Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Provinsi Jawa Barat.

Rivai. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. (2014). Perilaku Organisasi. jakarta: Gramedia.

Siagian, S. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Bandung: Alfabeta.

Terry, G. R. (2010). Dasar-dasar Manajemen, Cetakan kesebelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widyastuti, N. (2015). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja SKPD Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 4(2), 15.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Ekaristiyani, M., & Yanti, N. (2024). Pengaruh Stres Kerja dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Arta Boga Cemerlang Padang. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 2(3), 288–297. https://doi.org/10.31933/emjm.v2i3.1112

Most read articles by the same author(s)